PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGENDARA KENDARAAN BERMOTOR RODA 3 (TOSSA DAN SEJENISNYA) SEBAGAI KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN RAYA

NURMAWATI, LITA (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGENDARA KENDARAAN BERMOTOR RODA 3 (TOSSA DAN SEJENISNYA) SEBAGAI KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN RAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (385kB)
[img] Text
ABSTRAKS.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang perlindungan hukum terhadap pengendara kendaraan bermotor roda 3 (Tossa dan sejenisnya) sebagai korban dalam kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Penelitian ini merupakan penelitian normatif , yaitu dengan mengkaji bahan-bahan pustaka (studi keputakaan). Karena itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pendekatan masalah, jenis penelitian, bahan hukum dan analisis bahan hukum. Bahan hukum yang terdiri dari bahan hukum perimer, sekunder dan tersier. Penelitian ini menyimpulkan bahwa setiap korban dilindungi oleh hukum baik berupa peraturan maupun hak. Peraturan yang mengatur tentang perlindungan hukum terhadap korban kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kendaraan lain yang ditinjau dari aspek hukum perdata yaitu korban dapat meminta ganti rugi terhadap pengendara lain yang karena kelalainnya mengakibatkan pengendara roda 3 (Tossa dan sejenisnya) menjadi korban kecelakaan tersebut Jika sebagai korban kecelakaan tunggal maka pengendara kendaraan roda 3 (Tossa dan sejenisnya) tidak dapat memperoleh perlindungan hukum yang berupa santunan dari PT. Jasa Raharja, oleh karena Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dimiliki tidak memenuhi syarat untuk mengurus santunan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 348 Laws, Regulations & Cases
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:48
Last Modified: 07 Jun 2021 03:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10162

Actions (login required)

View Item View Item