GAMBARAN PERSONAL VALUE GURU MUHAMMADIYAH DI PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH JEMBER

Amalina, Naili (2017) GAMBARAN PERSONAL VALUE GURU MUHAMMADIYAH DI PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Cover.pdf

Download (167kB)
[img] Text
HaLaMaN PENGESAhaN.pdf

Download (330kB)
[img] Text
HaLaMaN pernyAtAAn.pdf

Download (144kB)
[img] Text
daftAr isi.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (365kB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat mendasar (central basic) yang dapat membawa perubahan terhadap manusia. Guru sebagai ujung tombak proses pendidikan yang ada memiliki peran penting dan sebagai salah satu faktor penentu dalam usaha mencapai tujuan sebuah proses pendidikan. Peranan tersebut akan senantiasa menggambarkan pola tingkah laku yang diharapkan dalam berbagai interaksinya, baik dengan siswa, sesama guru maupun dengan staf sekolah atau bahkan dengan Kepala Sekolah. Personal Value adalah sebuah nilai yang diyakini ole individu untuk memilih tindakan atau perilaku yang akan dilakukan yang telah di pahami konsekuensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Personal Value Guru Muhammadiyah Di PDM Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan Populasi dalam penelitian ini adalah Guru yang mengajar di sekolah Muhammadiyah. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala Guttman. Berdasarkan hasil pengambilan data kepada 100 Guru Muhammadiyah di Kota Jember yang mengajar di Lembaga Muhammadiyah menunjukkan bahwa secara umum gambaran personal value guru Muhammadiyah saat ini berasa pada kategori Tinggi yaitu sebesar 53% artinya mampu dalam mengarahkan diri untuk mengeksplorasi rasa ingin tahu, mampu bertanggung jawab dan memimpin anggota dalam bekerja di sebuah kelompok, mampu dalam menjaga hubungan intrapersonal dan interpersonal dalam lingkungan kerjanya, mampu menghormati dan menerima adat istiadat, mampu dalam memahami, menghargai, melindungi dan mensejahterakan orang lain dalam kelompok tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Date Deposited: 08 Jun 2021 06:33
Last Modified: 08 Jun 2021 06:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10207

Actions (login required)

View Item View Item