ANALISIS PEMASARAN AGROINDUSTRI RUMAH TANGGA GULA KELAPA DI KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER

PUTRI, CLARESTA FEBRIANA (2017) ANALISIS PEMASARAN AGROINDUSTRI RUMAH TANGGA GULA KELAPA DI KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNMUH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (342kB)

Abstract

ABSTRAK Gula kelapa adalah usaha yang banyak ditekuni oleh penduduk kecamatan Wuluhan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui:1) perbedaan keuntungan, 2) pola saluran pemasaran, 3) marjin pemasaran, dan 4) efisiensi pemasaran gula kelapa setiap skala usaha di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan survey dengan lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive method). Kecamatan Wuluhan sebagai salah satu dari dua kecamatan penghasil gula kelapa di Kabupaten Jember. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Snowball Rolling. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan instansional. Analisis data menggunakan analisis keuntungan, margin pemasaran, share harga serta uji LSD untuk perbandingan keuntungan antar skala usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada perbedaan tingkat keuntungan antara skala kecil dengan menengah, dan skala kecil dengan besar pada taraf kepercayaan 99%. Sedangkan antara skala besar dan menengah tidak berbeda nyata. Rata-rata keuntungan/25 pohon/bulan pada skala kecil Rp 142.418, skala menengah Rp. 518.633, dan paling tinggi pada skala besar yaitu sebesar Rp. 872.474. 2) saluran pemasaran terdiri atas: a. saluran nol tingkat digunakan oleh 11,11% pengrajin dari skala kecil, b. saluran satu tingkat digunakan oleh 84,44% dari pengrajin skala kecil dan menengah, c. saluran tiga tingkat digunakan oleh 4,44% pengrajin dari skala besar. 3) Margin saluran pemasaran nol tingkat Rp. 0,-/kg, satu tingkat Rp. 700,-/kg dan tiga tingkat Rp. 1575,-/kg. 4) Seluruh saluran pemasaran efisien dengan share harga 100% pada saluran nol tingkat, 93,13% pada saluran satu tingkat dan 87,40% pada saluran tiga tingkat. Kata Kunci : Gula Kelapa, Keuntungan, Saluran Pemasaran, Marjin Pemasaran, dan Efisiensi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Gula Kelapa, Keuntungan, Saluran Pemasaran, Marjin Pemasaran, dan Efisiensi Pemasaran.
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 09 Jun 2021 06:48
Last Modified: 09 Jun 2021 06:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10226

Actions (login required)

View Item View Item