IMPEMENTASI PERBUP BANYUWANGI NO.1 TAHUN 2016 TENTANG STANDART PELAYANAN PERIZINAN (STUDI PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BANYUWANGI)



NURIANTIKA, DEBBY CAHYA (2017) IMPEMENTASI PERBUP BANYUWANGI NO.1 TAHUN 2016 TENTANG STANDART PELAYANAN PERIZINAN (STUDI PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BANYUWANGI). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[thumbnail of JURNAL_DEBBY CAHYA N_1310511015 (2).pdf] Text
JURNAL_DEBBY CAHYA N_1310511015 (2).pdf

Download (322kB)

Abstract

Pelayanan publik yang ada di Indonesia saat ini banyak sekali bentuk dan
jenismya. Salah satu pelayanan publik yang menjadi sorotan adalah pelyanan
perizinan terpadu satu pintu. Pelayanan ini adalah penyelenggaraan perizinan dan
non perizinan yang proses pengelolaannya mulai dari tahap permohonan sampai
ketahap terbitnya dokumen dilayani melalui satu pintu dan dilakukan dalam satu
tempat. Salah satu Kabupaten yang telah menerapkan pelayanan perizinan satu
pintu ini adalah Kabupaten Banyuwangi. Beberapa tahun belakangan ini,
Banyuwangi banyak membuat perubahan dalam pelayan publik. Banyuwangi
mulai menerapkan sistem pelayanan terpadu untuk memudahkan masyarakat
memperoleh perizinan dalam satu tempat. Pelayanan terpadu ini telah
memudahkan masyarakat yang dahulu harus melakukan banyak proses dan
mendatangi beberapa kantor instansi pemerintah untuk mendapatkan dokumen
perizinan, tetapi sekarang masyarakat cukup mendatangi satu kantor saja. Sasaran
yang dituju dalam perizinan terpadu ini adalah untuk mewujudkan pelayanan yang
cepat, efisien, dan transparan.
Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa Dinas Penanaman Modal
dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu benar-benar transparan tetapi waktu
penyelesaian masih membutuhkan waktu yang lama, tidak sesuai dengan Standart
Operasional Prosedur yang digunakan. Dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu
Pintu sangat berpengaruh terhadap peningkatan investasi di Banyuwangi. Sebab
secara otomatis Pelayanan Terpadu Satu Pintu berkorelasi pada pertumbuhan
investasi. Semakin mudah proses pengurusan izin disuatu daerah, semakin banyak
investor berdatangan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Nusanto, Baktiawan
nidn#

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Subjects: 300 Social Science > 350 Public Administration and Military Science
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember | perpustakaan@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:58
Last Modified: 14 Jun 2021 06:58
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10370

Actions (login required)

View Item View Item