FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI KETIDAKPUASAN KELUARGA PENDERITA DI UGD PUSKESMAS TANGGUL KABUPATEN JEMBER



Nahrowi, Mahmud (2018) FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI KETIDAKPUASAN KELUARGA PENDERITA DI UGD PUSKESMAS TANGGUL KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[thumbnail of BAB VII.pdf] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[thumbnail of ARTIKEL Skripsi.pdf] Text
ARTIKEL Skripsi.pdf

Download (364kB)

Abstract

Kepuasan pasien bersifat subjektif berorientasi pada individu dan sesuai dengan
tingkat rata-rata kepuasan penduduk. Kepuasan pasien dapat berhubungan
dengan berbagai aspek diantaranya mutu pelayanan yang diberikan, kecepatan
pemberian layanan, prosedur serta sikap yang diberikan oleh pemberi pelayanan
kesehatan itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional
dengan rancangan bagian cross sectional, bertujuan mengetahui adakah
hubungan faktor dominan yang mempengaruhi ketidakpuasaan keluarga pasien
di IGD Puskesmas Tanggul Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini
adalah pasien yang datang dan terdaftar di UGD Puskesmas Tanggul Kabupaten
Jember yaitu sejumlah 170 pasien menggunakan purposive sampling.
Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian di
dapatkan bahwa dari 63 responden yang memiliki faktor empati tidak baik
sebanyak 34 (54,0%) dan menyatakan puas terdapat hubungan antara faktor
empati dengan ketidakpuasaan pasien dengan hasil uji korelasi p = 0,000 dari
nilai r 0,0491 maka p <0,05. Dari 63 responden memiliki komunikasi baik
sebanyak 56 (88,9%), dan mayoritas responden menyatakan puas dari hasil
penelitian diperoleh p = 0,127 dan r = 0,194 maka p > 0,005 dapat disimpulkan
tidak ada hubungan antara faktor komunikasi dengan ketidakpuasan. Serta dari
63 responden memiliki faktor biaya baik sebanyak 52 (82,5%) dan dari hasil
peneitian di peroleh nilai p = 0,027 dan r = 0,278 maka p > 0,05 dapat
disimpulkan tidak ada hubungan antara faktor biaya dengan ketidakpuasaan.
Disarankan kepada puskesmas untuk meningkatkan sarana dan prasarana agar
pasien nyaman dan puas.
Kata kunci: Faktor Dominan; tingkat ketidakpuasaan; pasien

[error in script]

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Depositing User: Endang Dewi Kartika | endangdewika@gmail.com
Date Deposited: 15 Jun 2021 01:42
Last Modified: 15 Jun 2021 01:42
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10379

Actions (login required)

View Item View Item