FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI KETIDAKPUASAN KELUARGA PENDERITA DI UGD PUSKESMAS TANGGUL KABUPATEN JEMBER

Nahrowi, Mahmud (2018) FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI KETIDAKPUASAN KELUARGA PENDERITA DI UGD PUSKESMAS TANGGUL KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (367kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
ARTIKEL Skripsi.pdf

Download (364kB)

Abstract

Kepuasan pasien bersifat subjektif berorientasi pada individu dan sesuai dengan tingkat rata-rata kepuasan penduduk. Kepuasan pasien dapat berhubungan dengan berbagai aspek diantaranya mutu pelayanan yang diberikan, kecepatan pemberian layanan, prosedur serta sikap yang diberikan oleh pemberi pelayanan kesehatan itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dengan rancangan bagian cross sectional, bertujuan mengetahui adakah hubungan faktor dominan yang mempengaruhi ketidakpuasaan keluarga pasien di IGD Puskesmas Tanggul Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang datang dan terdaftar di UGD Puskesmas Tanggul Kabupaten Jember yaitu sejumlah 170 pasien menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian di dapatkan bahwa dari 63 responden yang memiliki faktor empati tidak baik sebanyak 34 (54,0%) dan menyatakan puas terdapat hubungan antara faktor empati dengan ketidakpuasaan pasien dengan hasil uji korelasi p = 0,000 dari nilai r 0,0491 maka p <0,05. Dari 63 responden memiliki komunikasi baik sebanyak 56 (88,9%), dan mayoritas responden menyatakan puas dari hasil penelitian diperoleh p = 0,127 dan r = 0,194 maka p > 0,005 dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara faktor komunikasi dengan ketidakpuasan. Serta dari 63 responden memiliki faktor biaya baik sebanyak 52 (82,5%) dan dari hasil peneitian di peroleh nilai p = 0,027 dan r = 0,278 maka p > 0,05 dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara faktor biaya dengan ketidakpuasaan. Disarankan kepada puskesmas untuk meningkatkan sarana dan prasarana agar pasien nyaman dan puas. Kata kunci: Faktor Dominan; tingkat ketidakpuasaan; pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Depositing User: Endang Dewi Kartika
Date Deposited: 15 Jun 2021 01:42
Last Modified: 15 Jun 2021 01:42
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10379

Actions (login required)

View Item View Item