HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG PROMOSI SUSU FORMULA DENGAN MOTIVASI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMBERSARI



Mutmainah, Siti (2018) HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG PROMOSI SUSU FORMULA DENGAN MOTIVASI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMBERSARI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[thumbnail of BAB 7.pdf] Text
BAB 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (71kB)

Abstract

Promosi Susu Formula merupakan suata cara produsen menarik perhatian ibu
untuk membeli susu formula. Banyak media yang berkontribusi dalam
memberikan Promosi Susu Formula sehingga mempengaruhi pola pikir ibu dalam
memberikan ASI Eksklusif begitupun pada ibu bekerja. Tujuan Penelitian yaitu
menganalisis hubungan persepsi tentang promosi susu formula dengan motivasi
pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Bekerja di Wilayah Kerja Puskesmas
Sumbersari. Desain penelitian menggunakan korelasional dengan pendekatan
Cross Sectional dan pemilihan sampel dilakukan dengan cara Cluster Sampling
pada 75 sampel ibu bekerja. Hasil penelitian menunjukkan 49 orang (65,3%)
memiliki persepsi positif tentang promosi susu formula artinya tanggapan ibu
bekerja baik terhadap promosi yang dilakukan oleh produsen susu formula.
Sedangkan untuk motivasi didapatkan mayoritas ibu bekerja mempunyai motivasi
yang kurang dalam memberikan ASI Eksklusif yaitu 46 orang (61,3%). Hasil uji
korelasi Spearman Rho diperoleh p 0,000 (α ≤ 0,05), berarti H1 diterima yang
berarti ada hubungan persepsi tentang promosi susu formula dengan motivasi
pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Bekerja di Wilayah Kerja Puskesmas
Sumbersari dengan korelasi negatif (-). Rekomendasi penelitian yaitu
meningkatkan pemahaman bahwa ibu bekerja tetap bisa memberikan ASI
Eksklusif dengan cara ASI Perah. Begitu ibu mulai bekerja, ibu dianjurkan untuk
terus rutin memerah ditempat kerja yang bisa disimpan sehingga ASI Perah bisa
tetap diberikan kepada bayinya.
Kata kunci: Promosi Susu Formula, Persepsi, Motivasi, ASI Eksklusif

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
azza, awatiful
nidn0013127001

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Depositing User: Endang Dewi Kartika | endangdewika@gmail.com
Date Deposited: 16 Jun 2021 01:56
Last Modified: 16 Jun 2021 01:56
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item View Item