HUBUNGAN PERAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PAUD ASMAUL HUSNAH KECAMATAN ROGOJAMPI BANYUWANGI



DHANA, WISNU DHANAR (2018) HUBUNGAN PERAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PAUD ASMAUL HUSNAH KECAMATAN ROGOJAMPI BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 2. Pendahuluan.pdf] Text
2. Pendahuluan.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Bab1.pdf] Text
Bab1.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Bab2.pdf] Text
Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[thumbnail of Bab3.pdf] Text
Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[thumbnail of Bab4.pdf] Text
Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[thumbnail of Bab5.pdf] Text
Bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab6.pdf] Text
Bab6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[thumbnail of Bab7.pdf] Text
Bab7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[thumbnail of Artikel Skripsi.pdf] Text
Artikel Skripsi.pdf

Download (341kB)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan dasar yang ditujukan bagi
anak usia 0 sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian
rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.
Perkembangan kognitif berperan dalam kemampuan belajar berfikir atau
kecerdasan yaitu kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan konsep baru,
keterampilan untuk mengingat dan memahami yang terjadi di lingkungannya.
Tujuan dari penelitian ini mengetahui hubungan peran Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) dengan perkembangan kognitif pada anak usia pra sekolah yang ada di
PAUD Asmaul Husnah kecamatan Rogojampi Banyuwangi. Desain penelitian
korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan pengambilan
data menggunakan kusioner. Sampel diambil menggunakan total sampling yaitu 30
responden. Statistik menggunakan uji spearman rho menunjukkan p value 0,003
≤ 0,05 maka dapat disimpulkan ada hubungan antara Peran Pendidikan Anak Usia
Dini Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Pra Sekolah Di PAUD Asmaul
Husnah Rogojampi Banyuwangi. Rekomendasi dari penelitian ini adalah
pentingnya pendidikan anak usia dini untuk membantu perkembangan kognitif anak
usia 2-6 tahun.
Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Perkembangan Kognitif

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
widada, wahyudi
nidn0704448

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Depositing User: Endang Dewi Kartika | endangdewika@gmail.com
Date Deposited: 16 Jun 2021 06:18
Last Modified: 16 Jun 2021 06:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10482

Actions (login required)

View Item View Item