PENGARUH SWADAYA MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN PEMBANGUNAN FISIK DI DESA BRAMBANG DARUSSALAM KECAMATAN TLOGOSARI KABUPATEN BONDOWOSO

PRABOWO, TEDDY KURNIADI (2017) PENGARUH SWADAYA MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN PEMBANGUNAN FISIK DI DESA BRAMBANG DARUSSALAM KECAMATAN TLOGOSARI KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan desa pada kenyataannya masih kurang melibatkan masyarakat. Dalam pelaksanaannya, yang bekerja hanya dari perangkat desa dan sebagian masyarakatnya saja. Oleh karena itu potensi masyarakat belum secara maksimal dimanfaatkan guna pembangunan desa. Sejatinya masyarakat akan berpartisipasi dalam pembangunan desanya, jika sejak awal di bimbing untuk dilibatkan. Hal ini menjelaskan bahwa semakin banyak swadaya masyarakat yang berpartisipasi dan dibimbing dalam pembangunan desa, maka semakin tinggi potensi desa untuk maju dan berkembang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa partisipasi masyarakat sangat penting dalam pembangunan desa salah satunya melalui swadaya masyarakat. Dengan adanya uraian tersebut maka penulis ingin mengkaji lebih lanjut lagi dalam bentuk skripsi yang berjudul : Pengaruh Swadaya Masyarakat Terhadap Tingkat Keberhasilan Pembangunan Fisisk Di Desa Brambang Darussalam Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui bagaimana pengaruh swadaya masyarakat terhadap tingkat keberhasilan pembangunan fisik.Teori yang dipergunakan adalah teori interaksi soial, jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan lokasi penelitian Desa Brambang Darussalam Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso, pengumpulan data menggunakan metode kuisoner dan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh swadaya masyarakat terhadap hasil pembangunan fisik, sehingga pembangunan di desa berjalan lancar dan baik berkat adanya swadaya masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 320 Political dan Government Science
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:54
Last Modified: 17 Jun 2021 03:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10512

Actions (login required)

View Item View Item