ANALISIS KEUNTUNGAN DAN EFISIENSI PENGGUNAAN BIAYA USAHATANI KOPI RAKYAT ROBUSTA (Studi Kasus di Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso)

SARI, ELLA IMANIAR (2017) ANALISIS KEUNTUNGAN DAN EFISIENSI PENGGUNAAN BIAYA USAHATANI KOPI RAKYAT ROBUSTA (Studi Kasus di Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB 1 (latar belakang).pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 2 (tinjauan pustaka).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB 3 (kerangka pemikiran).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB 4 (metode penelitian).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB 5 (gambaran umum).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB 6 (pembahasan).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB 7 (kesimpulan).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN - PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui perbedaan tingkat keuntungan di antar strata luas lahan usahatani kopi rakyat robusta di Kecamatan Sumber Wringin, untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi keuntungan usahatani kopi rakyat robusta di Kecamatan Sumber Wringin, untuk mengetahui perbedaan tingkat efisiensi penggunaan biaya antar strata luas lahan dalam usahatani kopi rakyat robusta di Kecamatan Sumber Wringin. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara langsung dengan petani kopi yang berpedoman pada daftar pertanyaan yang telah disusun sebelumnya. Sementara data sekunder diperoleh dari berbagai literatur dan instansi yang berkaitan dengan penelitian ini. Data primer dan data sekunder selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel dan diberi penjelasan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, usahatani kopi di Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso menguntungkan dengan rata-rata keuntungan per hektar sebesar Rp 5.184.611,-. Jika dilihat berdasarkan skala luas lahan, maka rata-rata keuntungan petani lahan luas lebih besar daripada petani lahan sempit, dengan rata-rata keuntungan sebesar Rp 4.362.183,- petani sempit, sedangkan petani lahan luas sebesar Rp 6.007.040,-. Sementara ada perbedaan keuntungan antar strata luas lahan usahatani kopi, secara statistik signifikan pada taraf uji 1%. Faktor-faktor keuntungan yang berpengaruh secara signifikan terhadap keuntungan usahatani kopi yaitu produktivitas, luas lahan, jumlah tanaman dan biaya produksi. Umur tanaman tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keuntungan usahatani kopi. Penggunaan biaya produksi pada usahatani kopi sudah efisien, dengan R/C sebesar 1,85. Sementara dilihat dari strata luas lahan, petani lahan luas lebih efisien dibandingkan petani lahan sempit, dengan R/C petani lahan sempit sebesar 1,63, sedangkan untuk R/C petani lahan luas sebesar 2,06. Namun, ada perbedaan efisiensi antar strata luas lahan usahatani kopi, secara statistik signifikan pada taraf uji 1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keuntungan, efisiensi penggunaan biaya, usahatani, kopi robusta
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Date Deposited: 18 Jun 2021 03:00
Last Modified: 18 Jun 2021 03:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10550

Actions (login required)

View Item View Item