Hubungan Antara Pengetahuan Surat Dinas dengan Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VIII MTS Roudlotul Muta’allimin Tahun Pelajaran 2016/2017

Viara, Ana (2017) Hubungan Antara Pengetahuan Surat Dinas dengan Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VIII MTS Roudlotul Muta’allimin Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (93kB)

Abstract

Pengetahuan surat merupakan pemahan tentang materi surat. Kegiatan menulis surat sama halnya dengan kegiatan menulis lainya. Agara dapat menulis surat dengan baik maka perlu latihan dan pemahaman yang cukup mengenai surat. Penulisan surat harus dapat menhasilkan tulisan yang dapat dipahami oleh pembaca surat. Antara penulis dan pembaca surat harus mempunyai kesamaan pemahaman tentang isi surat tersebut. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yakni tentang ada tidaknya hubungan tentang pengetahuan Surat Dinas dengan kemampuan menulis surat Dinas siswa kelas VIII MTS Roudlotul Muta’allimin tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya hubungan antara pengetahuan Surat Dinas dengan kemampuan menulis Surat Dinas siswa kelas VIII MTS Roudlotul Muta’allimin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi kuantitatif. Penelitian dilakukan di kelas VIII MTS Roudlotul Muta’allimin tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 22. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan soal objektif sebanyak 10 soal dan soal uraian sebanyak 1 soal. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisa data menggunakan Korelasi pearson Product Momentyang dibantu dengan SPSS. Hasil data yang diperoleh diolah menggunakan teknik statistik yang dibantu dengan SPSS. Pengetahuan Surat Dinas siswa kelas VIII MTS Roudlotul Muta’allimin berkategori sedang. Kemampuan menulis Surat Dinas siswa kelas VIII MTS Roudlotul Muta’allimin berkategori baik. hasil perhitungan korelasi menunjukan adanya hubungan positif atau searah antaa pengetahuan surat dinas dengan kemampuan menulis surat dinas dengan nilai signifikan 0,020 dan pearson correlation 0.493 yaitu tingkat hubungan korelasinya sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan tentang pengetahuan Surat Dinas dengan kemampuan menulis Surat Dinas siswa kelas VIII MTS Roudlotul Muta’allimin tahun pelajaran 2016/2017 memiliki hubungan yang posittif atau searah yang berarti jika pengetahuan Surat Dinas tinggi maka kemampuan menulis Surat Dinas juga semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hubungan. Surat. Menulis. Pengetahuan
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:21
Last Modified: 21 Jun 2021 04:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item