PENERAPAN PENDEKATAN INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII A SMPN1 KAPONGAN SITUBONDO DALAM MENGOMENTARI KUTIPAN NOVEL LASKAR PELANGI

Arifin, Imam Syamsul (2017) PENERAPAN PENDEKATAN INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII A SMPN1 KAPONGAN SITUBONDO DALAM MENGOMENTARI KUTIPAN NOVEL LASKAR PELANGI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
0COVER.pdf

Download (84kB)
[img] Text
7DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (31kB)
[img] Text
1bab 1_revisi_1.pdf

Download (64kB)
[img] Text
2BAB II_revisi4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
3BAB III revisi2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
4BAB IV_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
5BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
6BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
artikel skripsi.pdf

Download (274kB)

Abstract

Pendekatan integratif adalah salah satu alternatif dalam menyelesaikan masalah untuk menumbuhkan ide baru dalam diri siswa untuk mengomentari kutipan novel. Kemampuan mengomentari adalah kemampuan memberi tanggapan melalui keterampilan berbahasa meliputi segi menyimak dan berbicara. Permasalah yang muncul dari latar belakang adalah Bagaimanakah proses pembelajaran penerapan pendekatan integratif untuk mengomentari kutipan novel remaja Laskar Pelangi pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kapongan Tahun Pelajaran 2015/2016. Bagaimanakah hasil peningkatan pembelajaran penerapan pendekatan integratif untuk mengomentari kutipan novel remaja Laskar Pelangi pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kapongan Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran penerapan pendekatan integratif untuk mengomentari kutipan novel remaja Laskar Pelangi pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kapongan Tahun Pelajaran 2015/2016.Mendeskripsikan hasil peningkatan pembelajaran pembelajaran penerapan pendekatan integratif untuk mengomentari kutipan novel remaja Laskar Pelangi pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kapongan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII A SMP Negeri 1 Kapongan. Tempat penelitian di SMP Negeri 1 Kapongan pada tanggal 25 April 2016. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik tes, teknik wawancara dan teknik analisis data. Hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran Perbandingan peningkatan hasil belajar siswa terbukti dari persentase nilai hasil belajar mengomentari kutipan novel pada prasiklus sebesar 27.27% atau hanya 6 siswa yang tuntas, kemudian pada siklus I persentase nilai hasil belajar sebesar 45.45% atau 10 orang siswa yang tuntas dari 22 orang siswa. dan terdapat 18 siswa yang tuntas dari 22 keseluruhan siswa atau persentase nilai hasil belajar siklus II sebesar 81.82%. Data setiap siklus dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Integratif, mengomentari Kutipan
Subjects: 400 Language > 404 Special Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:38
Last Modified: 22 Jun 2021 03:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10661

Actions (login required)

View Item View Item