Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Media Video pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Tempurejo Tahun Pelajaran 2015/2016

AGUSTIN, MIRA (2017) Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Media Video pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Tempurejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN .....pdf

Download (234kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, metode, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan (inonvasi). Dengan adanya inovasi tersebut di atas dituntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup (life skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitarnya. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah proses pembelajaran menulis pada siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Tempurejo dengan menggunakan media video? (b) Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis pada siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Tempurejo dengan menggunakan media video? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Tempurejo. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (62.86%), siklus II (74.29%). dan siklus III 94.29 %. Simpulan dari penelitian ini adalah model pengajaran kolaborasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi, minat, perhatian dan partipasi, motivasi belajar Siswa SMP PGRI 1 Tempurejo. Pusat, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Media Televisi Reality Show
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:29
Last Modified: 23 Jun 2021 03:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10703

Actions (login required)

View Item View Item