Alfiana, Tia (2017) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Kegiatan Pembelajaran Materi Cerpen kelas XI di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Pendahuluan.pdf Download (126kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (24kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (28kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Jurnal.pdf Download (147kB) |
Abstract
“Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Kegiatan Pembelajaran Materi Cerpen kelas XI di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat” Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran materi cerpen, Karena itu, pendidikan merupakan salah satu proses pembentukan karakter manusia. Pendidikan karakter kini memang menjadi isu utama pendidikan. Hal ini disebabkan oleh berbagai krisis budi pekerti yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Lembaga pendidikan dibentuk dan dibuat memang dipersiapkan tidak sekedar mengasah otak, namun juga secara disadari maupun tidak, secara langsung atau tidak langsung juga memiliki kewajiban mengasah kepribadian dan karakter anak didiknya.Salah satu cara untuk mewujudkan manusia yang berkarakter adalah dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara, metode validasi data yang peneliti gunakan mengunakan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran materi cerpen kelas XI di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat terlaksana pada saat awal kegiatan pembelajaran guru menerapkan nilai pendidikan karakter santun dan menghargai, tanggung jawab, dimana nilai santun menghargai tanggung jawab adalah nilai yang di terapkan hubungannya dengan diri sendiri. nilai religius nilai yang diterapkan hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pada saat kegiatan inti pembelajaran guru menerapkan nilai pendidikan karakter cinta ilmu, berfikir logis, kritis, kreatif, inovatif, disiplin, kerja keras, nilai pendidikan tersebut dikembangkan hubungannya dengan diri sendiri. religius, nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa keragaman nilai karakter hubungannya dengan lingkungan. Pada saat kegiatan inti pembelajaran guru menerapkan nilai pendidikan karakter cinta ilmu, bergaya hidup sehat nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri. religius nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, proses pembelajaran | ||||||
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics | ||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | ||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan UM Jember | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2021 06:57 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2021 06:59 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10761 |
Actions (login required)
View Item |