Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Kegiatan Pembelajaran Materi Cerpen kelas XI di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat



Alfiana, Tia (2017) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Kegiatan Pembelajaran Materi Cerpen kelas XI di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Pendahuluan.pdf] Text
Pendahuluan.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal.pdf] Text
Jurnal.pdf

Download (147kB)

Abstract

“Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Kegiatan Pembelajaran
Materi Cerpen kelas XI di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat” Untuk mengetahui
nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran
materi cerpen, Karena itu, pendidikan merupakan salah satu proses pembentukan
karakter manusia.
Pendidikan karakter kini memang menjadi isu utama pendidikan. Hal ini
disebabkan oleh berbagai krisis budi pekerti yang dihadapi oleh bangsa Indonesia.
Lembaga pendidikan dibentuk dan dibuat memang dipersiapkan tidak sekedar
mengasah otak, namun juga secara disadari maupun tidak, secara langsung atau
tidak langsung juga memiliki kewajiban mengasah kepribadian dan karakter anak
didiknya.Salah satu cara untuk mewujudkan manusia yang berkarakter adalah
dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif,
metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara, metode
validasi data yang peneliti gunakan mengunakan meningkatkan ketekunan dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan
karakter dalam pembelajaran materi cerpen kelas XI di SMK Muhammadiyah 4
Kalisat terlaksana pada saat awal kegiatan pembelajaran guru menerapkan nilai
pendidikan karakter santun dan menghargai, tanggung jawab, dimana nilai santun
menghargai tanggung jawab adalah nilai yang di terapkan hubungannya dengan
diri sendiri. nilai religius nilai yang diterapkan hubungannya dengan Tuhan Yang
Maha Esa.
Pada saat kegiatan inti pembelajaran guru menerapkan nilai pendidikan
karakter cinta ilmu, berfikir logis, kritis, kreatif, inovatif, disiplin, kerja keras,
nilai pendidikan tersebut dikembangkan hubungannya dengan diri sendiri.
religius, nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa
keragaman nilai karakter hubungannya dengan lingkungan.
Pada saat kegiatan inti pembelajaran guru menerapkan nilai pendidikan
karakter cinta ilmu, bergaya hidup sehat nilai karakter dalam hubungannya dengan
diri sendiri. religius nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Mufaridah, Fitrotul
nidn0725097602

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: pendidikan karakter, proses pembelajaran
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember | perpustakaan@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2021 06:57
Last Modified: 24 Jun 2021 06:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10761

Actions (login required)

View Item View Item