Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Kegiatan Pembelajaran Materi Cerpen kelas XI di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat

Alfiana, Tia (2017) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Kegiatan Pembelajaran Materi Cerpen kelas XI di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (126kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (147kB)

Abstract

“Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Kegiatan Pembelajaran Materi Cerpen kelas XI di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat” Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran materi cerpen, Karena itu, pendidikan merupakan salah satu proses pembentukan karakter manusia. Pendidikan karakter kini memang menjadi isu utama pendidikan. Hal ini disebabkan oleh berbagai krisis budi pekerti yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Lembaga pendidikan dibentuk dan dibuat memang dipersiapkan tidak sekedar mengasah otak, namun juga secara disadari maupun tidak, secara langsung atau tidak langsung juga memiliki kewajiban mengasah kepribadian dan karakter anak didiknya.Salah satu cara untuk mewujudkan manusia yang berkarakter adalah dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara, metode validasi data yang peneliti gunakan mengunakan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran materi cerpen kelas XI di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat terlaksana pada saat awal kegiatan pembelajaran guru menerapkan nilai pendidikan karakter santun dan menghargai, tanggung jawab, dimana nilai santun menghargai tanggung jawab adalah nilai yang di terapkan hubungannya dengan diri sendiri. nilai religius nilai yang diterapkan hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pada saat kegiatan inti pembelajaran guru menerapkan nilai pendidikan karakter cinta ilmu, berfikir logis, kritis, kreatif, inovatif, disiplin, kerja keras, nilai pendidikan tersebut dikembangkan hubungannya dengan diri sendiri. religius, nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa keragaman nilai karakter hubungannya dengan lingkungan. Pada saat kegiatan inti pembelajaran guru menerapkan nilai pendidikan karakter cinta ilmu, bergaya hidup sehat nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri. religius nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, proses pembelajaran
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorMufaridah, Fitrotulnidn0725097602
Date Deposited: 24 Jun 2021 06:57
Last Modified: 24 Jun 2021 06:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10761

Actions (login required)

View Item View Item