IMPLEMENTASI K-MEANS CLUSTERING DALAM PENILAIAN KEDISIPLINAN SISWA (STUDI KASUS : SMK TARUNA MANDIRI BANYUWANGI)

Fandika, Yongki (2017) IMPLEMENTASI K-MEANS CLUSTERING DALAM PENILAIAN KEDISIPLINAN SISWA (STUDI KASUS : SMK TARUNA MANDIRI BANYUWANGI). Undergraduate thesis, UNMUH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (295kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi computer yang dapat menentukan nilai kedisiplinan siswa. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah terutama guru Bimbingan Konseling dalam mengetahui kelompok siswa dan menentukan nilai berdasarkan tingkat kedisiplinan dalam menangani siswa yang tidak mentaati atau melanggar peraturan sekolah. Penilaian kedisiplinan siswa dilakukan dengan menentukan bobot prioritas sub kriteria menggunakan metode kemudian hasil bobot tersebut dikelompokkan menggunakan metode K- Means Clustering. Aplikasi penilaian kedisiplinan siswa ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman. Keluaran dari aplikasi ini adalah daftar data siswa yang berisi hasil penilaian kedisiplinan siswa. Hasilnya yaitu dari 18 siswa terdapat 10 siswa yang termasuk ke dalam kelompok disiplin , 8 siswa termasuk ke dalam kelompok disiplin. Kata Kunci: Kedisiplinan, K- Means, Clustering,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kedisiplinan, K- Means, Clustering,
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 05 Jul 2021 07:22
Last Modified: 05 Jul 2021 07:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10917

Actions (login required)

View Item View Item