Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru dengan Kecemasan Menghadapi Ujian pada Siswa SD

Abbad, Fathiyah (2016) Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru dengan Kecemasan Menghadapi Ujian pada Siswa SD. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam mempersiapkan ujian sekolah, dukungan sosial guru sangat penting untuk mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian sekolah. Fenomena yang ditemukan di SD Muhammadiyah 01 Jember bahwa siswa kesulitan dalam memahami soal-soal latihan ujian tahun sebelumnya, bingung mulai belajar dari materi yang mana dulu, terbayang-bayang soal ujian, perasaan takut apabila jawaban mereka salah, perasaan tidak percaya diri pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial guru dengan kecemasan siswa menghadapi ujian pada siswa kelas VI SD. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada atau tidak ada hubungan antara dukungan sosial guru dengan kecemasan siswa menghadapi ujian pada siswa kelas VI SD. Teori dasar yang menjelaskan tentang kecemasan siswa menurut Freud (dalam Alwisol, 2005) mengatakan bahwa kecemasan adalah fungsi ego untuk memperingatkan individu tentang kemungkinan datangnya suatu bahaya sehingga dapat disiapkan reaksi adaptif yang sesuai. Teori dasar yang menjelaskan tentang dukungan sosial menurut Mujiadi mengungkapkan bahwa dukungan sosial adalah suatu hubungan interpersonal yang memberikan bantuan kepada individu yang berupa perhatian emosi dan bantuan instrumental. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasinya adalah 128 siswa kelas VI A, VI B, dan VI C. Sampelnya adalah 85 siswa terdiri dari kelas VI B dan VI C sebagai uji penelitian sesungguhnya dan 43 siswa dari kelas VI A sebagai uji coba. Variabel bebas adalah dukungan sosial guru dan variabel terikat adalah kecemasan siswa menghadapi ujian. Metode pengambilan data adalah data skala psikologi dan instrumen penelitian. Metode pengujian alat ukur adalah uji validitas, reliabilitas, dan asumsi, uji asumsi terdiri dari uji normalitas, linieritas, dan hipotesis dengan menggunakan SPSS 20. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial guru dengan kecemasan siswa dalam menghadapi ujian. Semakin tinggi dukungan sosial guru maka semakin tinggi kecemasan siswa menghadapi ujian karena berdasarkan hasil analisa data menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson diketahui bahwa hasilnya menunjukkan nilai 0,465.

Item Type: Article
Additional Information: FATHIYAH ABBAD (1010811006)
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial, kecemasan siswa, ujian.
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
100 Philosophy > 150 Psychology > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 Jan 2019 01:47
Last Modified: 03 Jan 2019 01:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1097

Actions (login required)

View Item View Item