YULIARTI, NORITA CITRA and NUHA, GARDINA AULIN (2017) (Peer Review + Similarity + Document) Manajemen Zakat Infaq Shodaqah Teori dan Praktek. PUSTAKA ABADI Anggota IKAPI No. 185/JTI/2017, Indonesia.
Text
Manajemen Zakat, Infaq, dan Shodaqoh.pdf Download (7MB) |
|
Text
buku zakat.pdf Download (971kB) |
|
Text
peer review buku.pdf Download (689kB) |
Abstract
Model yang dibuat mengacu pada lingkungan yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh adanya pembayaran zakat, infak dan shodaqoh (ZIS). Setiap lingkungan akan dianalisis mengenai faktor-faktor yang berkaitan di dalamnya. Dengan demikian, diharapkan kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh lembaga zakat dapat lebih mudah dianalisis. Usulan yang diberikan juga diharapkan lebih tepat sasaran dan aplikatif. Secara garis besar kami membagi lingkungan ZIS menjadi tiga bagian, yaitu lingkungan muzaki-amil (untuk selanjutnya disebut siklus muzaki), lingkungan mustahiq-amil (untuk selanjutnya disebut siklus mustahiq) dan lingkungan muzaki-amil-mustahiq. Dalam rangka mengoptimalkan hasil penghimpunan ZIS maka OPZ perlu membentuk Unit Pengumpul Zakat yang bertujuan memberi kemudahan para muzaki untuk membayar zakatnya. Selain membuka Unit Pengumpul Zakat di berbagai tempat, OPZ dapat membuka kounter atau loket tempat pembayaran zakat di kantor atau sekretariat lembaga yang bersangkutan. OPZ perlu membuka rekening pembayaran zakat, infak, dan shadaqah di bank dan dipublikasikan secara luas kepada masyarakat agar memudahkan para muzakki untuk membayar ZIS. Diperlukan penguatan kelembagaan karena OPZ yang mampu penggalangan dana ZIS, ternyata didukung oleh kelembagaan yang kuat juga. Kelengkapan regulasi sangat mendukung upaya meningkatkan jumlah ZIS. Perlu jumlah tenaga fundraising yang memadai dan didukung oleh kemampuan dan fasilitas yang memadai. Disamping itu perlu sosialisasi yang memadukan penyampaian informasi tentang fikih zakat, regulasi dan keunggulan progran pendayagunaan ZIS. Sosilisasi dilakukan dalam bentuk forum pertemuan, diskusi, seminar, publikasi media, baliho, spanduk, film/video, leaflet/brosur/booklet, portal website, billboard/banner, khutbah jum’at, dan gerakan sadar zakat. Disamping itu OPZ perlu juga memperkuat pubikasi dan teknogi informasi, sehingga akan terbangun kepercayaan masyarakat dan semakin mudahnya masyarakat menyampaikan ZIS-nya untuk dikelola oleh OPZ.
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajamen Zakat, Infaq dan Shadaqoh |
Subjects: | 300 Social Science > 330 Economics > 332 Financial Economics, Finance |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Accounting (S1) |
Depositing User: | Norita Citra Yuliarti |
Contact Email Address: | norita@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 03:58 |
Last Modified: | 24 Aug 2021 06:01 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11037 |
Actions (login required)
View Item |