Analisis Pemasaran Buah Manggis (Garcinia mangostana L.) di Kabupaten Jember.



Salam, Saddam (2019) Analisis Pemasaran Buah Manggis (Garcinia mangostana L.) di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of C. BAB 1.pdf] Text
C. BAB 1.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of D. BAB 2.pdf] Text
D. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB 3.pdf] Text
E. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB 4..pdf] Text
F. BAB 4..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB 5..pdf] Text
G. BAB 5..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of H. bab 6.pdf] Text
H. bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB) | Request a copy
[thumbnail of I. BAB 7..pdf] Text
I. BAB 7..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA new.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA new.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of L. Lampiran.pdf] Text
L. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of M. ARTIKEL.pdf] Text
M. ARTIKEL.pdf

Download (943kB)

Abstract

Buah manggis merupakan komoditas unggulan Indonesia. Di Kabupaten Jember sentra produksi manggis berada di Kecamatan Tanggul dan Sumberbaru, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengidentifikasi pola saluran pemasaran buah manggis di Kabupaten Jember, (2) mengidentifikasi marjin pemasaran buah manggis pada masing-masing saluran pemasaran(3) mengidentifikasi efisiensi pemasaran buah manggis pada tiap saluran pemasaran. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan Snowball Sampling dalam penentuan tempat dan responden. Metode analisis yang digunakan analisis kualitatif, analisis marjin pemasaran, analisis farmer’s share. Hasil penelitian: 1) terdapat tiga saluran pemasaran manggis di Kabupaten Jember, 2) nilai marjin tiap pola saluran pemasaran: saluran pemasaran 1 grade A Rp 4.444/Kg, B Rp 3.944/Kg, C Rp 2.833, saluran pemasaran 2 grade A Rp 4.944/Kg, B Rp 6.444/Kg, C Rp 3.833/Kg, saluran pemasaran 3 grade A Rp 6.944/Kg, B Rp 6.444/Kg, C Rp 6.833/Kg. 3) rata-rata nilai efisiensi pemasaran untuk saluran, saluran pemasaran 1 sebesar 78,51%, saluran pemasaran 2 sebesar 72,89%, saluran pemasaran 3 sebesar 66,54%.

Kata kunci: buah manggis, efisiensi pemasaran, marjin pemasaran.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Santoso, Teguh Hari
nidn196601061993031013
UNSPECIFIED
Widjayanti, Fefi Nurdiana
nidn197603052005012002

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kata kunci: buah manggis, efisiensi pemasaran, marjin pemasaran.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Saddam Salam | saddam.salam.ss@gmail.com
Date Deposited: 24 Jul 2021 02:58
Last Modified: 24 Jul 2021 02:58
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11206

Actions (login required)

View Item View Item