Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas Kelas VIII

Maulana, Moch Hamim (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas Kelas VIII. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1.Pendahuluan.pdf

Download (536kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (222kB)
[img] Text
3.BAB 1.pdf

Download (422kB)
[img] Text
4.BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
5.BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
6.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text
7.BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
8.BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text
9.DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (310kB)
[img] Text
10.Lampiran lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
11. artikel ilmiah.pdf

Download (354kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam menggunakan bahan ajar berupa LKS pada proses pembelajaran, masih banyak LKS yang hanya berisi uraian materi yang monoton dan kurang memberikan motivasi belajar. Bahan ajar berupa LKS yang digunakan di lapangan juga masih jarang yang menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Dalam menggunakan pendekatan PMRI di suatu proses pembelajaran matematika dapat membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman dan daya nalar matematika di kehidupan sehari-hari. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada materi bangun ruang prisma dan limas. Dan tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan produk Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada materi bangun ruang prisma dan limas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti alur dari model 4-D yang diungkapkan oleh Thiagarajan Sivasailam, Semmel Dorothy S., dan Semmel Melvyn I. pada tahun 1974. Model pengembangan ini terdiri atas 4 tahap utama, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap desain atau perancangan (design), tahap pengembangan (develope), dan tahap penyebaran (dissemminate). Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah purposive sampling. Subjek uji coba penelitian dan pengembangan ini adalah SMP Negeri 1 Silo kelas VIII. Jenis data yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini adalah berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli, dan angket respon siswa. Hasi dari penelitian dan pengembangan ini yaitu produk dinyatakan valid dengan mendapatkan nilai rata-rata dari penilaian ahli (validator) sebesar 3,72. Produk memenuhi kriteria praktis dengan memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 92% dan interpretasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, PMRI, prisma dan limas
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Moch Hamim Maulana
Date Deposited: 28 Jul 2021 04:56
Last Modified: 28 Jul 2021 06:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11317

Actions (login required)

View Item View Item