Kajian Pascapanen Pada Morfologi Kopi Robusta (Coffea canephora) Di Kawasan Lereng Gunung Raung (Sebagai Sumber Belajar SMK Berupa Ensiklopedia Digital)

Nuraini, Novie (2021) Kajian Pascapanen Pada Morfologi Kopi Robusta (Coffea canephora) Di Kawasan Lereng Gunung Raung (Sebagai Sumber Belajar SMK Berupa Ensiklopedia Digital). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (386kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penanganan panen, pascapanen dan pengolahan kopi ditingkat petani harus dilakukan dengan efektif dan efisien. Selama ini sebagian besar komoditas kopi diolah dalam bentuk produk olahan primer (biji kopi kering). Pengolahan kopi rakyat masih merupakan kopi asalan dengan mutu rendah dan kadar air masih relatif tinggi (sekitar 16%). Berdasarkan cara kerjanya, pengolahan buah kopi dibedakan 2 macam yaitu pengolahan basah (wet process) dan kering (dry process). Banyak perbedaan diantara keduanya, baik dari proses, kualitas kopi, rentan waktu yang diperlukan, dan morfologi biji kopi dari masing-masing pengolahan, serta kekurangan dan kelebihan disetiap prosesnya sehingga, kajian mengenai pengolahan pascapanen kopi dapat dijadikan sebagai sumber belajar terutama pada mata pelajaran Biologi siswa SMK Kelas XI pada KD 3.8 Menganalisis pascapanen tanaman perkebunan. Masalah dalam penelitian adalah bagaimana perbedaan morfologi biji kopi robusta pada pengolahan basah dan kering di Kecamatan Jember yang termasuk kedalam Kawasan Lereng Gunung Raung dan bagaimana mengembangkan hasil penelitian menjadi sumber belajar digital berupa ensiklopedia digital. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Silo, Kecamatan Ledokombo dan Kecamatan Sumberjambe yang termasuk kedalam Kawasan Lereng Gunung Raung. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan metode snowball sampling dan purposive sampling. Analisis data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data untuk pengembangan sumber belajar berupa ensiklopedia digital menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 1) Analisis (Analyze), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Eavluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian di Kecamatan Jember yang termasuk kedalam Kawasan Lereng Gunung Raung bahwa metode pengolahan pascapanen yang dilakukan di Kecamatan Silo, Kecamatan Ledokombo dan Kecamatan Sumberjambe yaitu metode pengolahan kering (dry process). Alat yang digunakan petani dalam pengolahan pascapanen kopi yaitu alat pecah kulit (Pulper) dan Huller untuk pemisah kulit tanduk. Berdasarkan hasil pengamatan, terdapat perbedaan morfologi pada setiap tahapan pengolahan kering, perbedaan tersebut meliputi warna biji, bentuk biji, panjang biji, lebar biji dan ketebalan biji pada setiap tahapannya. Hasil penelitian ini kemudian dikembangkan dalam bentuk ensiklopedia digital yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan referensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pascapanen, morfologi kopi, kopi robusta, sumber belajar.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Novie Nuraini
Date Deposited: 29 Jul 2021 08:18
Last Modified: 29 Jul 2021 08:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11419

Actions (login required)

View Item View Item