ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT PADA KOMENTAR PRODUK EIGER DI INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER

Hidayatullah, Robbol (2021) ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT PADA KOMENTAR PRODUK EIGER DI INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL - ROBBOL H - 1410651090.pdf

Download (241kB)

Abstract

Eiger atau PT Eigerindo Multi Produk Industri merupakan perusahaan yang memproduksi pakaian dan perlengkapan hiburan alam atau outdoor. Eiger dalam pemasarannya juga menggunakan media sosial yaitu Instagram. Dalam setiap produk yang diunggah pada laman akun Instagram Eiger yaitu @eigerindostore mendapatkan berbagai komentar dari masyarakat. Dalam hal ini penelitian memanfaatkan data komentar tersebut sebagai data penelitian ini yaitu sentimen analisis. Pada penelitian ini metode yang digunakan sebagai klasifikasi adalah Naive Bayes sedangkan metode yang digunakan dalam skenario pengujian adalah split data dengan data latih 80% dan data uji 20% dan skenario Cross Fold Validation dengan nilai k yaitu 2, 4, 5, 7 dan 10. Dari hasil implementasi metode Naive Bayes terhadap data komentar pada akun Instagram Eiger diperoleh hasil yaitu rata-rata akurasi yang diperoleh yaitu 85.27%, rata-rata presisi yang diperoleh adalah 88.29% dan rata-rata recall yang diperoleh adalah 81.26%. Nilai akurasi tertinggi diperoleh pada k = 10 dengan fold ke 10 yaitu 91.07%. Nilai presisi tertinggi diperoleh pada k = 10 fold ke 10 yaitu 90% dan nilai recall tertinggi diperoleh pada k = 7 fold ke 7 yaitu 91.67%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Eiger, Klasifikasi, Naive Bayes, Analisis Sentimen, Cross Fold Validation
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Hidayatullah Robbol
Date Deposited: 30 Jul 2021 01:32
Last Modified: 30 Jul 2021 01:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11438

Actions (login required)

View Item View Item