Karakteristik Morfologi Biji dan Pengolahan Kopi Arabika (Coffea arabica) Pascapanen di Kawasan Lereng Argopuro sebagai Bahan Ajar E-book

Pratama, Falah Putra (2021) Karakteristik Morfologi Biji dan Pengolahan Kopi Arabika (Coffea arabica) Pascapanen di Kawasan Lereng Argopuro sebagai Bahan Ajar E-book. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (805kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (280kB)

Abstract

Kabupaten Jember merupakan wilayah atau sektor penghasil kopi pada kawasan Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Jember menduduki peringkat pertama dalam kepemilikan luas lahan kopi yakni sebesar 18,284 Ha sedangkan untuk produksi kopi sendiri Kabupaten Jember menduduki peringkat ketiga dengan total produksi sebesar 11,863 Ton. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana morfologi biji kopi arabika (Coffea arabica) pascapanen. Bagaimana proses pengolahan biji kopi arabika (Coffea arabica) pascapanen. Bagaimana cara membuat e-book morfologi biji kopi arabika (Coffea arabica) pascapanen sebagai sumber belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada kawasan Lereng Argopuro Kabupaten Jember. Kawasan Lereng Argopuro ini meliputi Kecamatan Jelbuk, Kecamatan Sukorambi, dan Kecamatan Panti. Jenis Penelitian ini menggunakan study kepustakaan, wawancara tak terstruktur dan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi, teknik pengumpulan dan tringulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian di Kabupaten Jember, bahwa morfologi biji arabika (Coffea arabica) pengolahan basah dan pengolahan kering berbeda. Pengolahan basah Memiliki warna hijau telur asin dan bentuk biji yang berbentuk elips. warna hijau dihasilkan dari proses pengolahan basah yang dibantu dengan air untuk melakukan proses olah basah. Secara umum besar biji pengolahan basah lebih besar daripada biji kopi yang diolah kering. Pengolahan kering Memiliki warna coklat muda dan bentuk biji yang berbentuk bulat. Karena menggunakan olah kering yang terus menerus dijemur dibawah sinar matahari menyebabkan biji kopi berwarna coklat. Pada umumnya besar biji kopi olah kering lebih kecil daripada biji kopi yang diolah basah. Metode pengolahan basah merupakan proses pengolahan biji kopi melalui perendaman dan fermentasi. Biji kopi hasil panen di pisahkan dengan kulit buah terluar kemudian di rendam agar terjadi fermentasi untuk menghilangkan lendir yang menempel dikulit tanduk. Tahap berikutnya pencucian dan pengeringan. Pengeringan dilakukan dua kali yaitu penjemuran untuk mengurangi kadar air Biji kopi yang masih memiliki kulit tanduk kemudian digiling atau hulling untuk menghilangkan kulit tanduk hingga didapat kopi beras atau ose. Metode pengolahan kering merupakan metode yang paling sederhana. Biji kopi yang telah dipetik dikeringkan dengan dijemur dibawah sinar matahari hingga kadar air kering (11-12%). Hasil dari Penelitian ini saya kembangkan menjadi bahan ajar E-book untuk membantu kegiatan belajar atau pembelajaran peserta didik dalam memahami keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Morfologi, Pascapanen, Kopi, Arabika
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Falah Putra Pratama
Date Deposited: 30 Jul 2021 07:22
Last Modified: 30 Jul 2021 07:23
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11482

Actions (login required)

View Item View Item