Agroekosistem Kebun Berbasis Pengetahuan Ekologi Lokal Masyarakat Using Desa Kemiren Banyuwangi Sebagai Sumber Belajar

Utariyani, Mimin (2021) Agroekosistem Kebun Berbasis Pengetahuan Ekologi Lokal Masyarakat Using Desa Kemiren Banyuwangi Sebagai Sumber Belajar. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (956kB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (352kB)
[img] Text
c. Bab 1.pdf

Download (449kB)
[img] Text
d. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
h. Dapus.pdf

Download (510kB)
[img] Text
i. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
j. Artikel.pdf

Download (446kB)

Abstract

Agroekoistem kebun merupakan suatu kegiatan masyarakat untuk mengelola kebun dengan tujuan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dengan proses produksinya. Sebagian besar Masyarakt Using Desa Kemiren berprofesi sebagi petani yang mengelola kebun dan sawah. Pengelolaan kebun ini menggunakan pengengetahuan ekologi lokal yang didapatkan dari leluhurnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis tanaman yang ditanam oleh Masyarakat Using Desa Kemiren di kebun, pengelolaan kebun berdasarkan pengetahuan ekologi lokal, kearifan lokal yang dimiliki oleh Masyarakat Using Desa Kemiren dalam pengelolaan kebun, dan untuk mengetahui potensi hasil penelitian dapat digunakan untuk sumber belajar biologi. Tanaman yang terdapat di kebun Masyarakat Using Desa Kemiren berjumlah 25 spesies tanaman yang berasal dari 22 Famili yang termasuk ke dalam 4 Kelas yaitu Dicotyledonae (38%), Monocotyledonae (4%), Magnolipytha (50%), dan Liliopsida (8%). Kelas tersebut termasuk kedalam tanaman tahunan (71%), tanaman Rumput-rumputan (4%), tanaman terna (17%), dan tanaman semak (8%). Pengelolaan agroekosistem yang dilakukan oleh masyarakat ini masih menggunakan peralatan tradisional. Peralatan yang digunakan diantaranya adalah cangkul, gergaji, dan sabit. Pengelolaan kebun dilakukan berdasarkan pengetahuan ekologi lokal yang mereka miliki dan biasanya diiringi dengan kearifan lokal seperti menjaga sumber mata air yang ada disekitaran kebun, menggunakan tanaman sebagai pagar, melakukan kegiatan gotong royong untuk mengusir hama, dan melakukan Selametan yang sejak dari dulu sudah dilakukan oleh para leluhurnya. Kegiatan Selametan yang dilakukan merupakan salah satu bentuk rasa syukur yang dipanjatkan oleh masyarakat untuk Allah Swt. yang telah memberikan berkah. Hidangan yang ada dalam kegiatan Selametan adalah Tumpeng Serakat, Jenang Abang, dan Jajanan Pasar. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar berupa Majalah Pembelajaran Biologi untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Hasil uji kelayakan oleh Ahli Media memiliki kriteria Sangat Layak, Tidak Perlu Direvisi (91%) dan kriteria Sangat Layak, Tidak Perlu Direvisi (98%) oleh Ahli Materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Agroekosistem Kebun, Pengetahuan Ekologi Lokal, Masyarakat Using Desa Kemiren Banyuwangi, Sumber Belajar.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Mimin Utariyani
Date Deposited: 20 Aug 2021 01:59
Last Modified: 20 Aug 2021 01:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item