(Peer Review + Similarity + Document) Analisa Literasi Digital Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Islami Dalam Kemasan

wibowo, yohanes gunawan (2021) (Peer Review + Similarity + Document) Analisa Literasi Digital Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Islami Dalam Kemasan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia.

[img] Text
Peer Review 1.pdf

Download (717kB)
[img] Text
Turnitin 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
artikel 1.pdf

Download (293kB)

Abstract

Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Kominfo, berkomitmen untuk mengonlinekan 8 Juta UMKM sampai tahun 2020. Komitmen ini menunjukan keberpihakan pemerintah dalam memajukan UMKM Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak dibidang makanan Islami dalam kemasan. Variabel yang diguanakan yaitu internet searching, hypertextual navigation, content evaluation, knowledge assembly. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM makanan Islami dalam kemasan yang tergabung dalam grub Facebook Kuliner Jember dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden. Perolehan data dengan cara penyebaran kuisoner online yang selanjutnya akan dianalisa dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat literasi tingkat UMKM dalam kategori sedang dengan skor 3.35. Variabel Pencarian di Internet (Internet Searching) dan variabel Penyusunan Pengetahuan (Knowlage Assembly) dalam kategori tinggi dengan skor masing-masing 3.79 dan 3.69. Sedangkan untuk variabel Pandu Arah Hypertext (Hypertextual Navigation) dan Evaluasi Konten Informasi (Content Evaluation) masih dalam kategori sedang dengan masing-masing skor 3.05 dan 3.36. Pendekatan pada hasil ini yaitu Digital Usage dimana penggunaan digital, pelaku UMKM dapat menerapkan Facebook untuk tujuan produktif atau profesional.

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Yohanes Gunawan Wibowo
Date Deposited: 25 Aug 2021 01:22
Last Modified: 25 Aug 2021 01:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11835

Actions (login required)

View Item View Item