GAMBARAN KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN ONLINE MELALUI E-COMMERCER

Rumanti R., Lu'lu Nur Afifah (2021) GAMBARAN KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN ONLINE MELALUI E-COMMERCER. Undergraduate thesis, Universita Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (684kB)
[img] Text
c. Bab 1.pdf

Download (687kB)
[img] Text
d. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
h. Daftar Pustaka.pdf

Download (519kB)
[img] Text
i. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
j. NASKAH Artikel.pdf

Download (891kB)

Abstract

Kepercayaan konsumen adalah persepsi konsumen terhadap penjual bahwa penjual memiliki niat yang baik, integritas, dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta kesediaan konsumen untuk menjadi rentan dan bergantung kepada penjual dalam situasi tertentu. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran kepercayaan konsumen dalam pembelian online melalui e-commerce pada mahasiswa di Bandar Lampung. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu accidental sampling. Jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 347 mahasiswa dengan sebanyak 200 responden perempuan dan 147 responden laki-laki. Responden penelitian ini berusia dari 17-28 tahun. Pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan konsumen sebanyak 42 item yang disusun berdasarkan teori Trust Building Model (McKnight et al, 2002). Metode analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS for windows vers 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan 51% mahasiswa memiliki kepercayaan konsumen yang tinggi terhadap penjual online di e- commerce. Indikator yang membangun kepercayaan konsumen yang memiliki nilai tinggi pada kategori tinggi diantaranya benevolence (55%), willingness to depend (60%), intention to purchase from site (79%), intention to follow vendor advice (70%), structural assurance of the web (54%), perceived web risk (66%), perceived vendor reputation (62%), dan perceived site quality (58%). Pada indikator integrity dan intention to share personal information memiliki nilai persentase yang sama antara kategori tinggi dan rendah yaitu sebesar 50%. Kemudian hanya indikator competence yang memiliki nilai persentase terbesar pada kategori rendah yaitu sebesar 54%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan konsumen, pembelian online, e-commerce
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: LU'LU NUR AFIFAH RUMANT I R.
Date Deposited: 25 Aug 2021 06:42
Last Modified: 25 Aug 2021 06:51
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item View Item