Etnobotani Tumbuhan Pangan Liar Yang Dimanfaatkan Oleh Masyarakat Adat Using Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi Sebagai Sumber Belajar

Kumalasari, Desinta Nur (2021) Etnobotani Tumbuhan Pangan Liar Yang Dimanfaatkan Oleh Masyarakat Adat Using Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi Sebagai Sumber Belajar. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan (1).pdf

Download (968kB)
[img] Text
b. Abstrak (1).pdf

Download (396kB)
[img] Text
c. Bab 1.pdf

Download (499kB)
[img] Text
d. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
h. Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
i. Daftar.pdf

Download (413kB)
[img] Text
j. Lampiran (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
k. Artikel (1).pdf

Download (772kB)

Abstract

Tumbuhan liar merupakan tumbuhan yang tidak ditanam atau tanpa campur tangan manusia karena keberadaannnya yang banyak tumbuh liar disekitar lingkungan rumah ataupun yang tumbuh di pinggir jalan. Tumbuhan liar disebut juga gulma karena sering secara langsung ataupun tidak langsung merugikan tanaman budi daya. Bagian tumbuhan liar yang dimanfaatkan oleh masyarakat berupa daun, batang muda, pucuk daun, buah dan tunas. Terutama yang dimanfaatkan oleh Masyarakat Adat Using Desa Kemiren sebagai bahan pangan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis tumbuhan pangan liar yang dimanfaakan oleh Masyarakat Adat Using Desa Kemiren, bagian dan cara pengolahan tumbuhan pangan liar, kearifan lokal yang dimiliki oleh Masyarakat Adat Using Desa Kemiren dalam pengolahan tumbuhan liar dan untuk mengetahui potensi hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Studi ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2021. Menggunakan teknik pengujian kesahihan data adalah Cross-referenced information, Repeated information, Triangulasi sumber data. Pengembangan ensiklopedia pembelajaran mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Develoment, Implementation, Evaluation), sedangkan validasi produk dilakukan oleh Ahli media dan Ahli materi. Tumbuhan pangan liar yang terdapat di Desa Kemiren berjumlah 13 spesies tumbuhan yang berasal dari 11 Famili. Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu pada bagian Daun (54%), Buah (30%), Batang Muda (8%), Batang Tua(8%). Tumbuhan pangan liar juga dapatdimanfaatkan secara mentah sebagai lalapancara pengolahan tumbuhan liar yang paling banyak yaitu direbus.Kearifan lokal yang dimiliki oleh Masyarakat Adat Using Desa Kemiren yaitu bentuk pengetahuan tentang jenis tumbuhan liar yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Mereka masih memanfaatkan tumbuhan liar untuk digunakan sebagai bahan pangan sehari-hari. Masyarakat akan melestarikan tumbuhan yang mempunyai manfaat bagi kehidupannya sehingga pemanfaatan tumbuhan liar berperan terhadap pelestarian biodersivitas tumbuhan. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar berupa Ensiklopedia Pembelajaran Biologi untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Hasil uji kelayakan oleh Ahli Materi memiliki kriteria Baik, Tidak Perlu Direvisi (80%) dan kriteria Sangat baik , Tidak Perlu Direvisi (90%) oleh Ahli Media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etnobotani, Tumbuhan Pangan Liar, Kearifan Lokal, Sumber Belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Desinta Nur Kumalasari
Date Deposited: 25 Aug 2021 06:49
Last Modified: 25 Aug 2021 06:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11846

Actions (login required)

View Item View Item