Teknik Budidaya dan Karakteristik Tanaman Kopi Rakyat di Kawasan Lereng Gunung Raung Kabupaten Jember (Sebagai Bahan Ajar Majalah).

Ramadan, Abdillah Dani (2021) Teknik Budidaya dan Karakteristik Tanaman Kopi Rakyat di Kawasan Lereng Gunung Raung Kabupaten Jember (Sebagai Bahan Ajar Majalah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (521kB)
[img] Text
c. Bab 1.pdf

Download (669kB)
[img] Text
d. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
h. Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
i. Daftar Pustaka.pdf

Download (749kB)
[img] Text
j. Lampiran_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
k. Artikel.pdf

Download (815kB)

Abstract

Kabupaten Jember merupakan daerah yang sangat cocok untuk menanam kopi. Salah satunya adalah di kawasan lereng Gunung Raung yang membudidayakan penanaman kopi rakyat adalah Kecamatan Sumberjambe, Kecamatan Ledokombo, dan Kecamatan Silo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui teknik budidaya dan karakteristik tanaman kopi rakyat dikawasan lereng Gunung Raung, serta untuk mengetahui hasil penelitian tentang karakteristik kopi rakyat di kawasan lereng Gunung Raung dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar majalah. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Indorman primer utama dan rekomendasi yang ditentukan dengan purposive sampling dan snowball sampling. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi, teknik pengumpulan dan tringulasi waktu. Analisa data menggunakan kualitatif. Pengembangan sumber belajar mengacu padda ADDIE dengan dilakukan uji validasi untuk kelayakan sumber belajara, uji validasi yang dilakukan yaitu validasi ahli media dan validasi materi. Budidaya petani kopi rakyat di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Desa Wonosari Kecamatan Ledokombo dan Desa Sumbersalak, Kecamatan Sumberjambe juga menggunakan alur budidaya kopi persiapan lahan, pembibitan, penanaman, penaungan, pemangkasan, pengendalian hama dan penyakit dan pemanenan. Namun dalam pelaksanaan alur budidaya kopi, petani kopi rakyat di 3 kecamatan memiliki proses budidaya kopiyang berbeda-beda. Karakteristik kopi klon robusta sangat melimpah yang berda di Kabupaten Jember. Tanaman kopi di Kabupaten Jember terdapat di 3 kecamatan yaitu Silo, Ledokombo, Panti, Sumberjambe, tanaman kopi yang di temukan di Lereng Raung terdapa 2 klon robusta. Tanaman kopi robusta terdiri dari Klon robusta terdiri dari tugusari, BP 42 yang memiliki perbedaan perawakan tanaman, percabangan, ruas cabang, bentuk daun dan warna daun. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan sebagai bahan ajar dalam bentuk majalah pada mata pelajaran Biologi kelas X jenjang SMA/MA dengan KD 3.2 Menganalisi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di indonesia beserta ancaman dan pelestarinya dan KD 4.2 Menyajikan Hasil observasi berbagai tigkat keanekargaman hayati di indonesia dan usulan upaya pelestarianya dan dapat membantu pembelajaran dengan materi keanekaragaan hayati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik budidaya, Karakteristik, Kopi, Robusta, Sumber belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Abdillah Dani Ramadan
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:53
Last Modified: 26 Aug 2021 07:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11887

Actions (login required)

View Item View Item