(Peer review+Similarity+Dokumen) PENGUKURAN MATURITY LEVEL PADA AL-IRSYAD AL- ISLAMIYYAH UNTUK MEMPERBAIKI KINERJA KEUANGAN DAN PELANGGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1

Pater, Dewi Lusiana (2016) (Peer review+Similarity+Dokumen) PENGUKURAN MATURITY LEVEL PADA AL-IRSYAD AL- ISLAMIYYAH UNTUK MEMPERBAIKI KINERJA KEUANGAN DAN PELANGGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1. Universitas Muhammadiyah Jember, Politeknik.

[img] Text
6008.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review Pengukuran Matury level.pdf

Download (844kB)
[img] Text
6 Plagiasi PENGUKURAN MATURITY LEVEL PADA AL-IRSYAD AL- ISLAMIYYAH UNTUK MEMPERBAIKI KINERJA KEUANGAN DAN PELANGGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menyajikan pengukuran bagaimana teknologi informasi diaplikasikan dalam suatu organisasi akan mempengaruhi seberapa jauh organisasi tersebut telah mencapai visi, misi, dan tujuan strategis dalam AD/ART. Teknologi Informasi menjadi bagian yang terintegrasi dengan tujuan bisnis organisasi. Optimalisasi penyelarasan Tujuan Bisnis, Tujuan TI dan Proses TI yang berlangsung dapat dilakukan dengan mengukur tingkat kedewasaan (Maturity Level ) dari kondisi eksisting (Is ) dan kondisi yang diharapkan (To be ), sehingga diperoleh nilai gap dari keduanya untuk menentukan rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan. Pemanfaatan analisis SWOT, perspektif Balanced Scorecard (BC ), dan COBIT dapat memetakan ruang lingkup kontrol audit TI/SI. Oleh karena itu penelitian ini diawali dengan analisis SWOT untuk menghasilkan matrik TOW pada Ar-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Dilanjutkan dengan proses pemetaan berdasarkan visi dan misi dalam perspektif keuangan dan pelanggan. Pemetaan COBIT menghasilkan 4 Tujuan Bisnis, 11 Tujuan TI, dan 24 Proses TI yang tersebar dalam 4 domain. Audit dilakukan dengan kuesioner responden, menghitung maturity level dan nilai analisis gap. Nilai gap tersebut digunakan sebagai dasar dalam menentukan rekomendasi perbaikan tata kelola TI. Hasil audit menghasilkan 18 rekomendasi perspektif keuangan dan 19 rekomendasi perspektif pelanggan. Rekomendasi dilakukan verifikasi kembali kepada stakeholders dalam RACI untuk menilai tingkat kepentingannya. Rekomendasi dari persepektif keuangan memiliki rata-rata akurasi sebesar 72% dan persepektif pelanggan memiliki rata-rata akurasi 62%. Nilai akurasi tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar rekomendasi yang dihasilkan dapat diterima, akan tetapi perlu diverifikasi kembali dalam penerapannya. Kata kunci: SWOT, COBIT Maturity Level, Keuangan, Pelanggan, Rekomendasi, Akurasi

Item Type: Peer Review
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Dewi Lusiana
Contact Email Address: dewilusiana@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:15
Last Modified: 27 Aug 2021 03:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11909

Actions (login required)

View Item View Item