(Peer review+Similarity+Dokumen) PENGUKURAN MATURITY LEVEL PADA AL-IRSYAD AL- ISLAMIYYAH UNTUK MEMPERBAIKI KINERJA KEUANGAN DAN PELANGGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1
Pater, Dewi Lusiana (2016) (Peer review+Similarity+Dokumen) PENGUKURAN MATURITY LEVEL PADA AL-IRSYAD AL- ISLAMIYYAH UNTUK MEMPERBAIKI KINERJA KEUANGAN DAN PELANGGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1. Universitas Muhammadiyah Jember, Politeknik.
![]() |
Text
6008.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Peer Review Pengukuran Matury level.pdf Download (844kB) |
![]() |
Text
6 Plagiasi PENGUKURAN MATURITY LEVEL PADA AL-IRSYAD AL- ISLAMIYYAH UNTUK MEMPERBAIKI KINERJA KEUANGAN DAN PELANGGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini menyajikan pengukuran bagaimana teknologi informasi diaplikasikan dalam suatu
organisasi akan mempengaruhi seberapa jauh organisasi tersebut telah mencapai visi, misi, dan
tujuan strategis dalam AD/ART. Teknologi Informasi menjadi bagian yang terintegrasi dengan
tujuan bisnis organisasi. Optimalisasi penyelarasan Tujuan Bisnis, Tujuan TI dan Proses TI yang
berlangsung dapat dilakukan dengan mengukur tingkat kedewasaan
(Maturity Level
) dari kondisi
eksisting
(Is
) dan kondisi yang diharapkan
(To be
), sehingga diperoleh nilai gap dari keduanya
untuk menentukan rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan. Pemanfaatan analisis SWOT,
perspektif Balanced Scorecard
(BC
), dan COBIT dapat memetakan ruang lingkup kontrol audit
TI/SI. Oleh karena itu penelitian ini diawali dengan analisis SWOT untuk menghasilkan matrik
TOW pada Ar-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Dilanjutkan dengan proses pemetaan berdasarkan
visi dan misi dalam perspektif keuangan dan pelanggan. Pemetaan COBIT menghasilkan 4 Tujuan
Bisnis, 11 Tujuan TI, dan 24 Proses TI yang tersebar dalam 4 domain. Audit dilakukan dengan
kuesioner responden, menghitung maturity level dan nilai analisis gap. Nilai gap tersebut
digunakan sebagai dasar dalam menentukan rekomendasi perbaikan tata kelola TI. Hasil audit
menghasilkan 18 rekomendasi perspektif keuangan dan 19 rekomendasi perspektif pelanggan.
Rekomendasi dilakukan verifikasi kembali kepada stakeholders dalam RACI untuk menilai tingkat
kepentingannya. Rekomendasi dari persepektif keuangan memiliki rata-rata akurasi sebesar
72% dan persepektif pelanggan memiliki rata-rata akurasi 62%. Nilai akurasi tersebut
menunjukkan bahwa sebagian besar rekomendasi yang dihasilkan dapat diterima, akan tetapi
perlu diverifikasi kembali dalam penerapannya.
Kata kunci: SWOT, COBIT Maturity Level, Keuangan, Pelanggan, Rekomendasi, Akurasi
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) |
Depositing User: | Dewi Lusiana | dewilusiana@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 03:15 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 03:16 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |