(Peer Review + Similarity + Document) Uji Akurasi Prototype Traceability Halal Berbasis RFID dalam Distribusi Bahan Pangan

Hadi, Danang Kumara and Santoso, PB and Sucipto, Sucipto and Wardhana, DI (2020) (Peer Review + Similarity + Document) Uji Akurasi Prototype Traceability Halal Berbasis RFID dalam Distribusi Bahan Pangan. LPPM Universitas Andalas.

[img] Text
peer review prosiding.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TURNITIN - UJI AKURASI PROTOTYPE TRACEABILITY.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Prosiding APTA - Uji Akurasi Prototype Traceability Halal Berbasis RFID.pdf

Download (3MB)

Abstract

Produk halal merupakan salah satu kebutuhan dan jaminan kualitas untuk konsumen. Kualitas perlu dikontrol agar tetap terjaga selama proses distribusi. Traceability berbasis RFID dapat mengontrol secara real time maupun historical suatu produk agar tetap terpantau kualitasnya dan tracking titik posisi produk saat distribusi. Tiga sensor yang digunakan dalam penelitian sistem traceability halal ini yang terintegrasi pemrograman Arduino antara lain suhu (PT100), dan sensor kelembaban (DHT11), posisi atau titik lokasi (GPS Neo M8N) dan RFID tag untuk pelabelan halal produk. RFID tag dibaca menggunakan RFID reader melalui hardware node MCU dari Wi-Fi router dan ditransfer dalam database website menggunakan jaringan internet. Nilai rata-rata error dari uji akurasi sensor kelembaban sebesar 0.811%. 0,132% dan 0,311%. Sensor PT100 digunakan untuk pengukuran suhu dan kalibrasi pengkondisi sinyal, sehingga pembacaan dari ketiga sensor tersebut baik. Pengujian suhu dengan standar -7oC menunjukkan bahwa suhu rata-rata sensor sensor 2 adalah -6,272oC. Faktor getaran dan kabel akan mempengaruhi keakuratan sensor. Menggunakan sensor GPS untuk menguji titik lokasi mengacu pada aplikasi Google Maps untuk memverifikasi lokasi. Dengan keakuratan sistem ketertelusuran berbasis RFID, ini dapat mengurangi tingkat penolakan produk dan adulterasi atau penyimpangan produk pangan.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: traceability, pangan halal, sensor, RFID, keamanan pangan
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 660 Chemical Engineering and Related Technologies > 664 Food Technology
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agriculture Industrial Technology (S1)
Depositing User: Danang Kumara Hadi
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:24
Last Modified: 22 Sep 2021 06:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11952

Actions (login required)

View Item View Item