(Peer Review + Similarty + Document) KARAKTERISTIK SERBUK MENGKUDU DENGAN METODE FOAM MAT DRYING (KAJIAN LAMA PENGERINGAN DAN TWEEN 80)

ashshiddiqi, hasbi and setiawan, andika putra (2020) (Peer Review + Similarty + Document) KARAKTERISTIK SERBUK MENGKUDU DENGAN METODE FOAM MAT DRYING (KAJIAN LAMA PENGERINGAN DAN TWEEN 80). agriovet.

[img] Text
Peer Review + Similarity + Document + Karakteristik Serbuk Mengkudu dengan Metode Foam Mat Drying .pdf

Download (652kB)
[img] Text
turnitin KARAKTERISTIK SERBUK MENGKUDU DENGAN METODE FOAM MAT DRYING (KAJIAN LAMA PENGERINGAN DAN TWEEN 80).pdf

Download (2MB)
[img] Text
document.pdf

Download (812kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mendapatkan lama pengeringan selanjutnya tujuan kedua adalah mendapatkan konsentrasi Tween 80 yang tepat pada pembuatan serbuk buah mengkudu. metode yang digunakan dala penelitian ini adalah foam mat drying sehingga menghasilkan produk yang yang masih terjaga senyawa didalamnya dan berkualitas. Penelitian ini disusun dengan Rancangan Acak Kelompok yang diawali dengan membuat esktrak mengkudu kemudian cairan tersebut dijadikan serbuk. Selanjutnya dilakukan pengujian terhadap aktivitas antioksidan dan rendemen. Faktor yang digunakan dalam proses pembuatan serbuk ada dua, yaitu lama pengeringan dan konsentrasi tween 80 dengan kombinasi perlakuan sejumlah 9. Didapatkan nilai tertinggi untuk aktivitas antioksidan sebesar 64.66 % mg/ml. Hasil serbuk terbaik tedapat pada perlakuan lama pengeringan 14 jam dengan kombinasi konsentrasi Tween 80 sebesar 0,7%. Hasilnya adalah rerata nilai kesukaan serbuk mengkudu tertinggi yaitu 4,18 (agak menyukai).

Item Type: Peer Review
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 615 Pharmacology and Therapeutics
Depositing User: Andika Putra Setiawan
Date Deposited: 18 Sep 2021 03:02
Last Modified: 18 Sep 2021 03:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11970

Actions (login required)

View Item View Item