(Peer Review + Similarity + Document) KONSUMSI PAKAN DAN INDEKS PENGURANGAN SAMPAH BUAH DAN SAYUR MENGGUNAKAN LARVA BLACK SOLDIER FLY

Zahroh, Nadiatuz and EURIKA, NOVY and Prafitasari, Aulya Nanda (2021) (Peer Review + Similarity + Document) KONSUMSI PAKAN DAN INDEKS PENGURANGAN SAMPAH BUAH DAN SAYUR MENGGUNAKAN LARVA BLACK SOLDIER FLY. Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia.

[img] Text
peer review Lava BSF.pdf

Download (489kB)
[img] Text
Similarity Larva ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Larva.pdf

Download (751kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan biokonversi sampah buah dan sayur menggunakan larva BSF (Hermetia illucens). Penelitan ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Larva yang digunakan merupakan larva yang telah berumur 6 hari. Penelitan ini menggunakan 5 perlakuan perbandingan sampah buah dan sayur dengan perbandingan tertentu. Analisis data menggunakan uji kruskal wallis dan dilanjutkan dengan uji mann-whitneey dengan derajat kepercayaan α=0,05. Hasil penelitian dan uji analisis data menunjukkan adanya perbedaan konsumsi pakan dan indeks pengurangan sampah pada perlakuan sampah buah dan sayur dengan perbandingan tertentu. Konsumsi pakan tertinggi terdapat pada perlakuan 80% sampah buah: 20% sampah sayur dengan nilai 2,202 gram/gram berat badan/hari. Perlakuan tersebut juga lebih banyak mereduksi sampah dengan nilai WRI 6,408 gram per hari.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Hermentia illucens, Biokonversi, WRI, Biomassa Larva BSF.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 631 Specific Techniques of
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: PRAFITASARI AULYA NANDA
Date Deposited: 04 Oct 2021 00:58
Last Modified: 21 Oct 2021 07:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12012

Actions (login required)

View Item View Item