Rancang Bangun Instalasi Air Limbah Industri Pengolahan Kedelai di Kaliwining Bedadung Kulon Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Sujarwadi, Allief Rizky (2021) Rancang Bangun Instalasi Air Limbah Industri Pengolahan Kedelai di Kaliwining Bedadung Kulon Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Unversitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Daftar lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian rancang bangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang berada di Desa Kaliwining Bedadung Kulon, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember bertujuan untuk menyaring dan membersihkan air yang tercemar limbah domestik dan limbah industri. Tahapan perencanaan yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah studi literatur, pengumpulan data, penelitian pendahuluan, pengolahan data, pembahasan dan kesimpulan. Data yang digunakan adalah data primer berupa kualitas air limbah, data produksi dan data lokasi. Dari perhitungan yang telah dilakukan, maka diperoleh beberapa kesimpulan besar, yaitu pertama, besaran air bekas limbah pengolahan kedelai dari pengujian sampel limbah bekas pengolahan kedelai dilabolatorium, didapat bahwa limbah pengolahan kedelai melebihi ambang batas yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia No 5 Tahun 2014 Tentang Baku Mutu Air Limbah. Kedua, dari hasil perhitungan dengan menggunakan metode storet parameter tersebut melebihi ambang batas dari baku mutu pada penggolongan kelas baku mutu air di PP No 82 Tahun 2001 kelas I dan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 115 Tahun 2003, maka sungai di Kaliwining dinyatakan tercemar oleh adanya pembuangan limbah cair hasil pengolahan kedelai yang tanpa adanya pengolahan limbah. Pada industri dengan kapasitas 110 kg/hari digunakan 1 unit bak ekualisasi panjang 0,5 m, lebar 1 m dengan kedalaman 1 m, 1 unit bak pengendapan awal panjang 0,3 m, lebar 1 m dengan kedalaman 1 m, 1 unit biofilter anaerob panjang 1,3 m lebar 0,5 m dengan kedalaman 0,5 m, 1 unit biofilter aerob yang dibagi menjadi 2 bagian : Ruang pertama : panjang 0,4 m lebar 0,5 m dengan kedalaman 0,2 m, Ruang kedua : panjang 0,5 m lebar 0,5 dengan kedalaman 0,2 m, 1 unit bak pengendapan akhir panjang 0,5 m lebar 0,5 m dengan kedalaman 0,5 m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Limbah cair industry kedelai, Baku Mutu Air Limbah Permen LH , Anaerob – aerob , Penelitian, Perencanaan.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: allief rizky sujarwadi
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:52
Last Modified: 23 Oct 2021 03:51
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12028

Actions (login required)

View Item View Item