(Peer + Review + imilarity + Document) EFEKTIVITAS KONSENTRASI NUTRISI TERHADAP PERTUMBUHAN BEBERAPA VARIETAS TANAMAN SELADA ( Lactuca Sativa ) PADA SISTEM HIDROPONI

Wijaya, Insan and UMARIE, ISKANDAR and Rizki, M Abdul (2019) (Peer + Review + imilarity + Document) EFEKTIVITAS KONSENTRASI NUTRISI TERHADAP PERTUMBUHAN BEBERAPA VARIETAS TANAMAN SELADA ( Lactuca Sativa ) PADA SISTEM HIDROPONI. LPPM Univeritas Muhammadiyah Jember, Indonesia.

[img] Text
1. daftar isi_Prosiding FPUMJember-2019_nakah_sertifikat_selada.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. peerreview_prosiding FPUMJember-2019_selada.pdf

Download (890kB)
[img] Text
3. Turnitin_selada_semnas_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui pengaruh pemberian kadar nutrisi terhadap pertumbuhan tanaman selada; untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan beberapa varitas tanaman selada; dan untuk mengetahui interaksi antara pemberian nutrisi terhadap beberapa varitas tanaman selada dengan sistem hidroponik. Penelitian ini menggunakan rancangan Splitplot RAL yaitu terdiri dari dua faktor (3 x3), faktor pertama (sebagai petak utama) yaitu pemberian konsentrasi (K) yang terbagi dalam tiga taraf : K1 = 200 ppm, K2 = 600 ppm, dan K3 = 1000 ppm dan faktor kedua (sebagai anak petak) yaitu varietas selada (V) terdiri dari tiga varietas : V1 = Selada Merah, V2 = Selada Keriting, dan V3 = Selada Krop, yang masing – masing di ulang tiga kali. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perlakuan pemberian nutrisi konsentrasi (K2) 600 ppm berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman selada dan sebagai perlakuan yang terbaik. Perlakuan varietas terdapat pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan selada dengan perlakuan varietas (V3) selada krop sebagai perlakuan yang terbaik pada tinggi tanaman, dan perlakuan varietas (V1) selada merah sebagai perlakuan terbaik pada panjang daun, sedangkan perlakuan varietas (V2) selada keriting sebagai perlakuan terbaik pada berat akar basah. Dan Interaksi antara konsentrasi dan varietas terhadap morfologi tanaman pada sistem hidroponik tidak berpengaruh terhadap produksi selada.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Hidroponik, Varietas Tanaman Selada, Konsentrasi Nutrisi.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 635 Garden Crops, Horticulture, Vegetables
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Depositing User: Insan Wijaya
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:08
Last Modified: 03 Nov 2021 01:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12072

Actions (login required)

View Item View Item