(Peer Review + Similarity) Sistem Informasi Manajemen Penyiaran Iklan Radio

Kusuma Riasti, Berliana and Yanuarti, Rosita and Annisa, Annisa and Anesya Pebrianika, Gita (2016) (Peer Review + Similarity) Sistem Informasi Manajemen Penyiaran Iklan Radio. Indonesian Journal of Applied Informatics (IJAI), Indonesia.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
Peer Review Rosita 1095.pdf

Download (580kB)
[img] Text
2 Plagiasi SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENYIARAN IKLAN RADIO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyiaran Iklan merupakan sumber pendapatan utama dari usaha media penyiaran radio. Perusahaan/instansi pengiklan mempercayakan penyiaran iklan produknya pada radio yang diyakini dapat mengenalkan produk atau jasanya secara efektif kepada masyarakat luas. Dengan demikian bisnis utama radio adalah memberikan pelayanan yang optimal kepada pengiklan sebagai pelanggan dengan memberikan kepercayaan atas kinerja yang profesional. Penelitian ini membahas bagaimana membangun suatu sistem informasi manajemen yang dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan pemasang iklan radio guna memenuhi tuntutan pelayanan yang profesional. Kebutuhan tersebut antara lain ketepatan pemilihan jam siar untuk iklan suatu produk atau jasa tertentu sehingga efektifitas penyiaran iklan terpenuhi, penjadwalan penyiaran iklan yang cepat, mudah dan handal hingga sampai kebutuhan akan kinerja yang disiplin terhadap penyiaran iklan yang dilakukan sesuai dengan perjanjian yang tertuang secara rinci pada purchase order. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sistem Development Life Cycle (SDLC) WaterFall. Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini dengan melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi pada PT. Karya Pancaran Swaramedia (Radio Karysma FM). Hasil penelitian ini adalah terwujudnya sistem informasi manajemen penyiaran iklan berorientasi pemenuhan kebutuhan pelanggan dengan fungsionalitas sistem antara lain penjadwalan iklan secara online, pengaturan dan pengawasan penyiaran iklan hingga penyajian laporan-laporan bagi pengiklan dan managemen radio yang akurat berupa dokumentasi-dokumentasi bukti transaksional yang menjadi bagian dari pelayanan pemasangan iklan oleh pelanggan.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Radio, iklan, pelanggan, sistem informasi, framework Code Igniter.
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Rosita Yanuarti
Date Deposited: 30 Oct 2021 00:59
Last Modified: 30 Oct 2021 00:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12106

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item