(Peer Review + Similarity + Document) Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Genetika Populasi Berbasis Penelitian Keragaman Genetik Kerbau Lokal Tana Toraja dan Lombok

Afrida, Indah Rakhmawati and Amin, Mohamad and Ghofur, Abdul (2014) (Peer Review + Similarity + Document) Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Genetika Populasi Berbasis Penelitian Keragaman Genetik Kerbau Lokal Tana Toraja dan Lombok. LPPM IKIP Mataram, Mataram, Indonesia.

[img] Text
3. Hasil Cek Turnitin.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Artikel.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Peer Review (1&2) Jurnal 2.pdf

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang disusun berdasarkan model Dick & Carey. Pengembangan bahan ajar meliputi tujuh tahapan yang diadopsi berdasarkan sepuluh langkah pengembangan bahan ajar, yaitu (1) identifikasi tujuan, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) mengidentifikasi perilaku awal dan karakteristik pebelajar, (4) menulis tujuan pembelajaran khusus, (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, dan (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran. Berdsasarkan hasil validasi ahli, kualifikasi materi bahan ajar sebesar 87,69% dan berada pada kualifikasi sangat baik, sedangkan untuk petunjuk praktikum sebesar 92,50% dan berada pada kategori sangat baik. Hasil ini mengindikasikan bahwa bahan ajar layak digunakan dalam perkuliahan dalam memahami prinsip-prinsip genetik khususnya tentang genetika populasi.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: developing instructional materials, population genetics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: INDAH RAKHMAWATI AFRIDA
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:24
Last Modified: 29 Nov 2021 01:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12214

Actions (login required)

View Item View Item