(Peer Review + Similarity + Document) Penguasaan Guru Biologi Sekolah Menengah terhadap Penelitian Tindakan Kelas di Jawa Timur

Afrida, Indah Rakhmawati and Rachmawati, Rachmawati (2017) (Peer Review + Similarity + Document) Penguasaan Guru Biologi Sekolah Menengah terhadap Penelitian Tindakan Kelas di Jawa Timur. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

[img] Text
Peer Review (1&2) Prosiding 2.pdf

Download (611kB)
[img] Text
3. Hasil Cek Turnitin.pdf

Download (987kB)
[img] Text
4. Artikel..pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu aspek dalam kompetensi guru adalah kemampuan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang disebut kompetensi pedagogik. Kompetensi tersebut sangat penting dan menentukan keberhasilan pembelajaran. Guru yang selalu berupaya untuk mengatasi masalah pembelajaran atau meningkatkan mutu pembelajarannya dipastikan melakukan PTK. Penelitian ini mengkaji apakah guru-guru Biologi sekolah menengah di Jawa Timur memiliki kompetensi untuk melakukan PTK. Penelitian survei ini dirancang menggunakan metode deskriptif kuantitatif, instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan. Sampel penelitian ini adalah guru Biologi SMA baik negeri maupun swasta di beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penguasaan guru Biologi di Jawa Timur termasuk dalam kategori cukup.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Penguasaan, Penelitian Tindakan Kelas, Guru Biologi Sekolah Menengah.
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: INDAH RAKHMAWATI AFRIDA
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:26
Last Modified: 02 Dec 2021 06:39
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12215

Actions (login required)

View Item View Item