(Peer Review + Similarity + Document) Komunikasi Interpersonal Fasilitator Kelurahan untuk Menumbuhkan Semangat Kerelawanan dan Keswadayaan pada Masyarakat melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) (Studi pada Tim Fasilitator di Wilayah Kordinator Kota (Korkot)23 PNPM-MP di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur)

Sudahri, Sudahri (2016) (Peer Review + Similarity + Document) Komunikasi Interpersonal Fasilitator Kelurahan untuk Menumbuhkan Semangat Kerelawanan dan Keswadayaan pada Masyarakat melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) (Studi pada Tim Fasilitator di Wilayah Kordinator Kota (Korkot)23 PNPM-MP di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur). http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/pslcf, Indonesia.

[img] Text
Peer Review.pdf

Download (658kB)
[img] Text
Turnitin .. Komunikasi Interpersonal Fasilitator.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Prosiding International seminar 2016 fasilitator.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Image
Sertifikat GOOD Governance.jpg

Download (22MB) | Preview

Abstract

Fasilitator Kelurahan dalam penanggulangan kemiskinan pada PNPM Mandiri Perkotaan adalah melakukan intervensi proses pembelajaran masyarakat melalui penyadaran kritis pada masyarakat agar bisa mengatasi permasalahan kemiskinan sampai kepada akarnya. Artinya inti dari intervensi PNPM Mandiri Perkotaan adalah membangun manusia yang mempunyai sikap mental positif sesuai dengan nilai – nilai luhur kemanusiaan dan membongkar paradigma – paradigma yang merugikan lingkungan . Pemberdayaan adalah membangun potensi manusia yang sudah dimiliki untuk kembali mampu bertindak sesuai dengan nilai – nilai luhur sehingga akan tumbuh kapital sosial, kepedulian , solidaritas sosial dalam membangun (khususnya menanggulangi kemiskinan). Hasil yang diharapkan dari pemberdayaan adalah kesadaran kritis dan kesiapan masyarakat bahwa persoalan kemiskinan hanya bisa diatasi oleh 1) membangun kembali nilai – nilai kemanusiaan yang universal sebagai landasan dari semua keputusan dan tindakan 2) menemukan dan menggalang pribadi – pribadi yang komit dan memiliki integritas tinggi dalam menanggulangi kemiskinan 3) bertumpu pada keswadayaan masyarakat dan prinsip pembangunan organik secara berkelanjutan. Artinya pemberdayaan masyarakat pada intinya adalah perubahan sikap , perilaku dan pola pikir dari dalam individu (masyarakat), inilah yang disebut membangun dari dalam , fasilitator hanya mendampingi sebagai pelengkap dari adanya niat, prakarsa untuk membangun kepedulian dan komitmen masyarakat sendiri. Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Fasilitator, Masyarakat, PNPM-MP

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Fasilitator, Masyarakat, PNPM-MP
Subjects: 300 Social Science > 303 Social Process
Depositing User: Sudahri Sudahri
Date Deposited: 10 Dec 2021 02:32
Last Modified: 10 Dec 2021 02:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12293

Actions (login required)

View Item View Item