kemampuan menentukan amanat, latar, alur perwatakan cerpen "surat untuk ayah" karya imron supriyadi oleh kelas siswa IX A smpn 9 jember tahun pelajaran 2014/2015.

Widya Prastowo, Danny (2015) kemampuan menentukan amanat, latar, alur perwatakan cerpen "surat untuk ayah" karya imron supriyadi oleh kelas siswa IX A smpn 9 jember tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. ABSTRAK(1).pdf

Download (218kB)
[img] Text
7. BAB I(1).pdf

Download (239kB)
[img] Text
8. BAB II(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB III(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB IV(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB V(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB VI(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan mengacu pada kesanggupan melakukan sesuatu. Amanat adalah suatu pesan moral dalam sebuah karya sastra yang ingin disampaikan kepada pembaca. Latar atau setting bertumpu pada tempat dan waktu, latar tempat merujuk pada suatu kawasan secara geografik, konkret, dan setting waktu merujuk pada suatu waktu tertentu. Alur adalah rangkaian cerita yang dibentuk oleh tahapan-tahapan peristiwa, sehingga menjalin suatu cerita yang dihadirkan oleh para pelaku dalam suatu cerita. Perwatakan atau karakter adalah pelukisan kepribadian manusia yang mengambil peranan dalam suatu kejadian. Cerpen adalah suatu cerita karangan fiktif yang berisi sebagian kehidupan seseorang atau kehidupan yang diceritakan secara ringkas yang berfokus pada suatu tokoh. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana kemampuan siswa kelas IX A SMPN 9 Jember dalam menentukan amanat, latar, alur, perwatakan cerpen yang berjudul Surat Untuk Ayah karya Imron Supriyadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menentukan amanat, latar, alur, perwatakan cerpen Surat Untuk Ayah karya Imron Supriyadi. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMPN 9 Jember. Tempat penelitian di SMPN 9 Jember, pada tanggal 7 November 2014. Teknik pengumpul data adalah teknik observasi dan tes. Instrumen dalam penelitian berupa soal-soal subjektif. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu penentuan data, pengoreksian, pembobotan, penghitungan, pengkualifikasian. Kemampuan yang diperoleh siswa dalam menentukan amanat pada cerpen Surat Untuk Ayah yaitu 74% yang dinyatakan cukup mampu, dalam menentukan latar siswa mencapai kemampuan sebesar 78% yang dinyatakan mampu, dalam menentukan alur siswa mencapai kemampuan sebesar 100% yang dinyatakan mampu, sedangkan dalam menentukan perwatakan pada cerpen tersebut kemampuan siswa mencapai 78% yang dinyatakan mampu, sehingga nilai rata- rata yang diperoleh dari keseluruhan dalam menentukan amanat, latar, alur dan perwatakan pada cerpen Surat Untuk Ayah karya Imron Supriyadi adalah 82,5% yang dinyatakan mampu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, amanat, latar, alur, perwatakan, cerpen.
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: danny widya prastowo
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorHariyono, Hariyononidn0712125802
Thesis advisordzarna, dzarnanidn0701028802
Contact Email Address: widyadanny4@gmail.com
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:02
Last Modified: 23 Dec 2021 01:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12374

Actions (login required)

View Item View Item