(Laporan Pengabdian Masyarakat) Penguatan Kelembagaan Panti Asuhan Untuk Membangun Kemandirian Finansial Melalui Pelatihan Kewirausahaan

Angin, Ria (2021) (Laporan Pengabdian Masyarakat) Penguatan Kelembagaan Panti Asuhan Untuk Membangun Kemandirian Finansial Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Project Report. Universitas Muhammadiyah Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text
2. Penguatan Kelembagaan Panti Asuhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
13. Ria A 20-07-2023 19.55.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan PKM yang berjudul “Penguatan Kelembagaan Panti Asuhan Untuk Membangun Kemandirian Finansial Melalui Pelatihan Kewirausahaan” ini memiliki tujuan utama agar panti asuhan memiliki usaha mandiri yang produktif. Target khusus dalam program pengabdian masyarakat ini adalah panti asuhan memiliki sumber penghasilan alternatif dan tidak tergantung dengan para donatur. Kegiatan ini diselenggarakan karena mitra belum memiliki usaha produktif yang bisa memberikan sumber penghasilan alternatif. Langkah awal yang ditempuh adalah dengan mengarahkan mitra agar mengenali dirinya sendiri, mengenali potensi-potensi yang dimilikinya dan bisa dikembangkan menjadi suatu usaha produktif. Teknik yang digunakan adalah dengan menerapkan analisis SWOT. S adalah kepanjangan dari Strength (kekuatan). Kekuatan meliputi aspek sumber daya yang telah dimiliki dan aspek lain yang menyangkut potensi ketrampilan-ketrampilan yang bisa ditingkatkan menjadi sumber penghasilan. Selanjutnya W adalah Weaknes (kelemahan) yang menggambarkan kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh mitra dan anak asuhnya berhadapan dengan lingkungan disekitarnya. O adalah kepanjangan dari Opportunity (peluang) merupakan faktor-faktor yang menyangkut kesempatan-kesempatan yang terbuka terkait dengan pengembangan usaha yang bisa dimanfaatkan. T merupakan Treath (tantangan), yaitu segala sesuatu yang dihadapi oleh mitra dan anak asuhnya terkait dengan kegiatan wirausaha yang akan dirintis yang berasal dari diri mereka sendiri (internal). Selanjutnya target capaian luaran yang ingin dicapai dalam kegiatan PKM ini terbagi atas (1) target utama, yaitu tersusunnya artikel ilmiah yang diterbitkan dalam Jurnal ilmiah terakreditasi yaitu Jurnal Pengabdian IPTEKS, yang diterbitkan oleh LPPM, Universitas Muhammadiyah Jember; (2) target tambahan adalah tersusunnya artikel yang dimuat dalam Prosiding Seminar Nasional. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan PKM ini akan berlangsung selama 8 bulan. Mekanisme kegiatan yang ditawarkan meliputi Persiapan, meliputi koordinasi dengan mitra yaitu Panti Asuhan Putri Aisyiyah, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. 2) Pelaksanaan kegiatan meliputi : (a) melakukan kajian dengan metode SWOT terkait dengan gagasan membentuk wirausaha mandiri di bidang kudapan Islam, (b)memberikan pelatihan usaha, (c)menetapkan kelompok wirausaha dengan melibatkan anak asuh Panti Asuhan Putri Aisyiyah,(c) memberikan pendampingan usaha, (d) latihan usaha dengan mempraktikan strategi yang dibahas dalam pelatihan usaha, 3). Evaluasi meliputi: (a) Evaluasi proses kegiatan, dilakukan pada setiap tahap kegiatan; (b) . Evaluasi hasil kegiatan, dilakukan untuk mengetahui tingkat capaian tujuan PKM ini yakni sejauh mana kegiatan yang diselenggarakan dipahami oleh mitra dan anak asuh mitra (c). Evaluasi dampak kegiatan, dengan melihat kemajuan mitra pasca kegiatan PKM.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: penguatan kelembagaan, panti asuhan, kemandirian finasial, kewirausahan
Subjects: 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1)
Depositing User: Ria Angin
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:11
Last Modified: 20 Jul 2023 23:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12442

Actions (login required)

View Item View Item