Efektivitas Pemberian Hormon Pertumbuhan Terhadap Penyambungan Berbagai Macam Varietas Tanaman Kamboja Jepang (Adenium obesum)

Pratama Albin, Raoul (2022) Efektivitas Pemberian Hormon Pertumbuhan Terhadap Penyambungan Berbagai Macam Varietas Tanaman Kamboja Jepang (Adenium obesum). Undergraduate thesis, universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (888kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman Adenium sp. adalah salah satu komoditi dari jenis tanaman hias dan sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia. selain itu Adenium memiliki keunikan dan daya tarik sebagai tanaman hias, seperti bentuk bunganya yang indah, warna yang beraneka ragam (merah, putih, merah muda, jingga, ungu, dan kuning). Penelitiam ini bertujuan, untuk menyediakan bibi tanaman Adenium melalui metode vegetatif (penyambungan). penelitian ini dilaksanakan di desa Sukamakmur, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. Pelaksanaaan penelitian ini dimulai pada bulan Juni sampai Agustus 2021 dengan ketinggian tepat 64 mdpl. Rancangan yang digunakan RAK faktorial dengan 2 faktor dan 3 ulangan, meliputi : faktor pertama hormon sintetik (H) yaitu H0 (tanpa hormon), H1 (Hormon Auksin IBA 100 ppm), H2 (Hormon Sitokinin BAP 100 ppm). Sedangkan faktor kedua berbagai macam warna bunga tanaman Adenium (C) yaitu : C1 (warana merah),C2 (warana putih),C3 (warana kuning),C4 (warna ungu), dan C5 (warna hitam). Hasil menujukan bahwa perlakuan hormon sintetik (H) berpengaruh sagat nyata terhadap waktuu muncul tunas, jumlah tunas, panjang tunas 42 HSG, diameter tunas (42 dan 56 HSG), dan berpengaruh nyata pada parameter Presentase tunas, panjang tuna 28 HSG. Perlakuan macam warna bunga (C) berpengaruh sangat nyata pada parameter panjang tunas (42 dan 56 HSG), diameter tunas (28,42, dan 56 HSG), dan jumlah daun (28,42, dan 56 HSG), serta berpengaruh nyata pada perameter panjang tuna 28 HSG. Interaksi HxC berpengaruh nyata terhadap diameter tunas 56 HSG. secara keseluruhan perlakuan hormon Auksin (IBA 100 ppm) dan warna bunga tanaman C3 (kuning) dan C1 (merah) menunjukan hasil yang terbaik. Kata kunci: Adenium sp., Hormon Sintetik, Warna Bunga Tanaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Adenium sp., Hormon Sintetik, Warna Bunga Tanaman.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 580 Plants, Botany > 582 Plants Noted for Characteristics & Flowers
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Depositing User: Raoul Albin Pratama
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:11
Last Modified: 25 Jan 2022 06:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12557

Actions (login required)

View Item View Item