Perbedaan Pengaruh Penambahan Limbah Kardus dan Serbuk Serabut Kelapa (Cocos nucifera) Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) (Sebagai Sumber Belajar Modul Biologi SMA/MA)

Agustin, Safira Dwi (2021) Perbedaan Pengaruh Penambahan Limbah Kardus dan Serbuk Serabut Kelapa (Cocos nucifera) Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) (Sebagai Sumber Belajar Modul Biologi SMA/MA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (651kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
K. ARTIKEL.pdf

Download (803kB)

Abstract

Jamur tiram putih termasuk jenis jamur perombak kayu yang dapat tumbuh pada berbagai macam substrat atau media tanam. Media tanam yang sering digunakan yaitu serbuk gergaji sebagai media dasar dan beberapa campuran seperti bekatul, gips, air dan kapur pertanian. Beberapa jenis media lainnya yang dapat digunakan sebagai media tanam jamur tiram antara lain jerami padi, sekam padi, limbah kardus, serbuk serabut kelapa dan ampas tebu. Limbah kardus dan serbuk serabut kelapa termasuk limbah rumah tangga yang mengandung selulosa, hemiselulosa dan lignin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jamur. Proses dan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian sumber belajar biologi dalam bentuk modul SMA/MA kelas X pada materi Jamur (Fungi) dengan KD 3.7 yaitu Mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat perbedaan pengaruh penambahan limbah kardus dan serbuk serabut kelapa terhadap pertumbuhan jamur ?, (2) Apakah terdapat perbedaan pengaruh penambahan limbah kardus dan serbuk serabut kelapa terhadap produksi jamur ? dan (3) Apakah proses dan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber belajar modul biologi SMA/MA ?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan pengaruh penambahan limbah kardus dan serbuk serabut kelapa terhadap pertumbuhan jamur tiram, (2) Mengetahui perbedaan pengaruh penambahan limbah kardus dan serbuk serabut kelapa terhadap produksi jamur triam, dan (3) Mengetahui proses dan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber belajar modul biologi SMA/MA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen murni dengan metode kuantitatif dan dilanjutkan ke penelitian pengembangan produk. Rancangan pada penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Analisis data menggunakan Uji One-Way Anova dan dilanjutkan dengan Uji Duncan dengan derajat kepercayaan α = 0,05. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-September 2021 yang dilaksanakan di Desa Sukowono, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa penambahan limbah kardus dan serbuk serabut kelapa berpengaruh terhadap panjang miselium, diameter tudung jamur, jumlah badan jamur dan berat basah jamur. Hasil penelitian dapat dikembangkan menjadi bahan ajar berupa modul yang telah divalidasi. Sehingga modul dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X semester 2 pada sub pokok bahasan Jamur (fungi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jamur Tiram Putih, Limbah Kardus, Serbuk Serabut Kelapa, Sumber Belajar Biologi.
Subjects: 400 Language
400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Safira Dwi Agustin
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:51
Last Modified: 25 Jan 2022 05:51
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12565

Actions (login required)

View Item View Item