GAYA BELJAR SISWA AUTIS DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI DI SMK INKLUSI TPA JEMBER PADA MASA PANDEMI COVID-19

Maulana, Ro'uf Rizqon (2022) GAYA BELJAR SISWA AUTIS DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI DI SMK INKLUSI TPA JEMBER PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ,UHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (470kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
11. ARTIKEL.pdf

Download (725kB)

Abstract

Gaya belajar terdapat tiga yaitu visual, auditori, dan kinestetik, gaya belajar peserta didik sering diabaikan oleh guru sebab guru hanya mengajar dan kurang memperhatikan kebutuhan dari anak didiknya. ciri anak yang memiliki gaya belajar visual yaitu memperhatikan guru saat memberikan penjelasan. ciri anak yang memiliki gaya belajar auditori yaitu mereka cenderung belajar dengan mendengarkan atau lewat musik. ciri-ciri anak yang memiliki gaya belajar kinestetik anak yang sering tidak diam dan cenderung berjalan. Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki gangguan untuk menagkap dan memahami sebuah pelajaran. Rumusan yang ada yang pertama dalam penelitian ini bagaimanakah gaya belajar visual siswa autis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di SMK Inklusi TPA Jember pada masa pandemi Covid-19, ,yang kedua bagaimanakah gaya belajar kinestetik siswa autis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di SMK Inklusi TPA Jember pada masa pandemi Covid-19 Penelitian ini mengguanakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara, observasi serta hasil observasi. Sumber data dari penetlian ini adalah siswa autisme, Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Guru Pendamping Khusus, dan Orang tua siswa. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar anak autis memiliki perbedaan satu dengan yang lain. Cesar Rendra prakoso Hidayat cenderung mengguanakan gaya belajar visual dan Aditya Wirayudha Nugroho cenderung menggunakan gaya belajar kinestetik. Dalam proses pembelajaran kedua anak ini mendapatkan proses pembelajaran bahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dari guru mata pelajaran maupun guru pendamping khusus. Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah gaya belajar anak autis ada perbadaan dan cenderung memiliki ciri khas tersendiri dan tidak sama dengan yang lainnya. Menggunakan visual, auditori dan kinestetik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Visual, Kinestetik, Autis
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Maulana Ro'uf Rizqon
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDDina, Merdeka Citraningrumnidn0717088701
UNSPECIFIEDAgus, Milu Susetyonidn0718088602
Contact Email Address: maulanarizqon7991@gmail.com
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:27
Last Modified: 26 Jan 2022 07:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12579

Actions (login required)

View Item View Item