(Laporan Pengabdian) SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM KERAJINAN TANGAN DI LEDOK OMBO - JEMBER

Azhad, M. Naely (2021) (Laporan Pengabdian) SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM KERAJINAN TANGAN DI LEDOK OMBO - JEMBER. Discussion Paper. Universitas Muhammadiyah Jember. (Unpublished)

[img] Text
PKM - NAely.docx
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

RINGKASAN Program pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk untuk meningkatkan keuntungan sosial, ekonomi dan efisiensi biaya bagi para UMKM kerajinan tangan. Adapun tujuan khusus lainnya adalah membantu para UMKM kerajinan tangan dalam memecahkan masalah keterbatasan/ ketersediaan sumberdaya dalam memasakan berbagai hasil produksinya, sehingga dapat memperluas jangkauan pasar / market share yang pada akhirnya berimplikasi pada peningkatan laba. Target luaran yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah berupa metode bertujuan menumbuhkan ide dan peluang usaha yang lebih inovatif melalui informasi diperoleh di media online serta memanfatkan media sosial sebagai digital marketing untuk mengembangkan suatu bisnis dan terciptanya produktivitas UMKM serta meningkatkan penjualan produk lokal Indonesia di kancah pasar global. Metode yang digunakan adalah dengan menfasilitasi mitra agar memiliki kemampuan teknis dalam membuatkan rancangan bisnis dengan menggunakan strategi digital marketing melalui jejaring sosial istagram, Selain itu, pemateri juga memberikan contoh untuk melakukan pengambilan foto produk yang akan ditampilkan dan dipromosikan melalui istagram. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam kurun waktu enam bulan yang terbagi dalam tiga tahap yaitu: Pertama; Tahap perencanaan, Kedua; Tahap pelaksanaan, serta Ketiga: Tahap evaluasi, Kegiatan ini menggunakan metode dalam bentuk pelatihan keterampilan melalui ceramah, demontrasi dan tanya jawab dan sasaran kegiatan ini adalah para UMKM kerajinan tangan di Ledok Ombo Jember. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dapat dilaksanakan dengan sangat baik dengan menggunakan sistem online daring (zoom), juga ditunjukkan adanya rasa antusias yang tinggi dari para peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan dan peserta juga dapat memahami seluruh penjelasan materi dengan baik serta merasa puas dan senang adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan yang diinginkan para peserta dalam pengembangan bisnisnya. Adapun faktor pendukung pelatihan ini dapat berjalan dengan baik adanya dukungan dari pihak Pemerintah Kecamatan dan Desa Ledok Ombo. Pademi Covid 19 menjadi penghambatnya mengakibatkan beberapa kegiatan ini harus dilaksanakan melalui sistem daring dan tingkat pengetahuan dari sebahagian pelaku UMKM yang sangat kurang memahami penggunaan teknologi internet. Kata kunci: Digital Marketing, Partisifatif dan UMKM

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Subjects: 300 Social Science > 305 Social Groups
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Department: S1 Manajemen
Depositing User: Drs, M.Si M. Naely Azhad
Contact Email Address: naelyazhad52@gmail.com
Date Deposited: 27 Jan 2022 06:34
Last Modified: 27 Jan 2022 06:34
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12603

Actions (login required)

View Item View Item