(Laporan Pengabdian) SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM KERAJINAN TANGAN DI LEDOK OMBO - JEMBER
Azhad, M. Naely (2021) (Laporan Pengabdian) SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM KERAJINAN TANGAN DI LEDOK OMBO - JEMBER. Discussion Paper. Universitas Muhammadiyah Jember. (Unpublished)
| ![PKM - NAely.docx [thumbnail of PKM - NAely.docx]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text PKM - NAely.docx Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy | 
Abstract
RINGKASAN
Program pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk untuk meningkatkan keuntungan sosial, ekonomi dan efisiensi biaya bagi para UMKM kerajinan tangan. Adapun tujuan khusus lainnya adalah membantu para UMKM kerajinan tangan dalam memecahkan masalah keterbatasan/ ketersediaan sumberdaya dalam memasakan berbagai hasil produksinya, sehingga dapat memperluas jangkauan pasar / market share yang pada akhirnya berimplikasi pada peningkatan laba. Target luaran yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah berupa metode bertujuan menumbuhkan  ide dan peluang usaha  yang  lebih  inovatif  melalui  informasi diperoleh di  media online  serta memanfatkan media sosial sebagai digital marketing untuk mengembangkan suatu bisnis dan terciptanya produktivitas UMKM  serta  meningkatkan  penjualan  produk  lokal  Indonesia  di  kancah  pasar  global.
Metode yang digunakan adalah dengan menfasilitasi mitra agar memiliki kemampuan teknis dalam membuatkan  rancangan  bisnis  dengan menggunakan  strategi  digital  marketing  melalui jejaring  sosial  istagram,  Selain  itu,  pemateri  juga memberikan  contoh  untuk  melakukan pengambilan  foto  produk  yang  akan  ditampilkan dan  dipromosikan  melalui  istagram.  
Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam kurun waktu enam bulan yang terbagi dalam tiga tahap yaitu: Pertama;  Tahap perencanaan, Kedua; Tahap pelaksanaan, serta Ketiga: Tahap evaluasi, Kegiatan ini menggunakan metode dalam bentuk pelatihan keterampilan melalui ceramah, demontrasi dan tanya jawab  dan  sasaran  kegiatan ini  adalah  para UMKM kerajinan tangan di Ledok Ombo Jember. 
Hasil pelaksanaan  kegiatan  pengabdian  ini  dapat dilaksanakan  dengan  sangat  baik dengan  menggunakan  sistem online  daring (zoom),  juga ditunjukkan adanya rasa antusias  yang  tinggi dari  para  peserta yang mengikuti  kegiatan  pelatihan  dan  peserta juga  dapat memahami  seluruh  penjelasan  materi  dengan  baik  serta merasa  puas  dan  senang adanya  kesesuaian  materi  dengan kebutuhan yang diinginkan para peserta dalam pengembangan bisnisnya. Adapun faktor pendukung pelatihan ini dapat berjalan dengan baik adanya dukungan dari pihak Pemerintah Kecamatan dan Desa Ledok Ombo. Pademi Covid 19 menjadi penghambatnya  mengakibatkan beberapa kegiatan ini harus dilaksanakan melalui sistem daring dan tingkat pengetahuan dari sebahagian pelaku UMKM yang sangat kurang memahami penggunaan teknologi internet.
Kata kunci: Digital Marketing, Partisifatif dan UMKM
[error in script]
| Item Type: | Monograph (Discussion Paper) | 
|---|---|
| Subjects: | 300 Social Science > 305 Social Groups | 
| Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) | 
| Depositing User: | Drs, M.Si M. Naely Azhad | naelyazhad52@gmail.com | 
| Date Deposited: | 27 Jan 2022 06:34 | 
| Last Modified: | 27 Jan 2022 06:34 | 
| URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12603 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      