(LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT) MENGENAL PECS SEBAGAI SEBUAH PENDEKATAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK (PELATIHAN UNTUK GURU KB &TK ABA 4 KALIWATES JEMBER)

KHOIRIYAH, KHOIRIYAH (2020) (LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT) MENGENAL PECS SEBAGAI SEBUAH PENDEKATAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK (PELATIHAN UNTUK GURU KB &TK ABA 4 KALIWATES JEMBER). Project Report. Universitas Muhammadiyah Jember. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN_AKHIR_PPM_INTERNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kemampuan anak yang sedang berkembang pesat saat usia adalah kemampuan berbahasa. Berbicara adalah salah satu aspek dari bahasa. Perkembangan berbicara anak usia dini memang masih jauh dari sempurna, namun potensinya dapat dirangsang melalui komunikasi yang aktif dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Kemampuan seseorang dalam kelancaran berbicara tidak lahir begitu saja, namun melalui beberapa tahapan. Program pengabdian ini bermitra dengan Pimpinan Cabang Aisyiyah Mangli sebagai penyelenggaran pendidikan Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) ABA 4 Jl.Jumat no. 22 Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjudul “Mengenal PECS Sebagai Sebuah Pendekatan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak.”. Pelaksanaan kegiatan PPM ini Menggunakan metode ceramah dan praktik langsung. Ceramah dengan materi PECS berkaitan dengan upaya mengoptimalkan perkembangan bicara anak, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung untuk mengaplikasikan pengoptimalan kemampuan bicara anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru-guru dalam mengoptimalkan kemampuan berbicara anak menggunakan strategi pendekatan PECS

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, PECS, Bicara
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Depositing User: Khoiriyah Khoiriyah
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:26
Last Modified: 08 Feb 2022 02:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12791

Actions (login required)

View Item View Item