(Peer Review + Similarity + Document) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DENGAN PEMANFAATAN STRATEGI 3W2H

Mijianti, Yerry and Puspitosari, Endah Puji (2019) (Peer Review + Similarity + Document) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DENGAN PEMANFAATAN STRATEGI 3W2H. PBSI FKIP Unmuh Jember, Jurnal Belajar Bahasa.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
Peer Reviewer_Sunarti_Peningkatan.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Peer Review_Asrumi_Peningkatan Keteramp.pdf

Download (227kB)
[img] Text
PENINGKATKAN_similarity_Yerry.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Artikel_Peningkatan Keterampilan-Yerry.pdf

Download (686kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian inibagaimanakah proses belajar menulis teks eksposisi dan hasil belajar menulis teks eksposisi melalui metode take and give dengan pemanfaatan strategi 3W2H pada Kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses belajar menulis teks eksposisi dan hasil belajar menulis teks eksposisi melalui metode take and give dengan pemanfaatan strategi 3W2H pada Kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian Tindkan Kelas ini meggunakan desain penelitian menurut Arikunto dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 21 siswa. Lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah Jember. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian tindakan kelas sukses atau berhasil apabila nilai siswa lebih besar atau sama dengan nilai 87, dan secara klaksikal jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai kritreria ketuntasan mencapai 19-21 siswa. Instrumen penelitian meliputi instrument tes, lembar observasi, dan angket siswa. Proses belajar siswa semakin meningkat dari pretes (2,375), siklus 1 (3,408), dan siklus 2 (4,618). Hasil belajar siswa semakin meningkat dari prasiklus (83,19), siklus 1 (99,19), dan siklus 2 (104,57).

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: menulis, teks eksposisi, take and give, 3W2H
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science
Depositing User: Yerry Mijianti
Date Deposited: 11 Feb 2022 02:53
Last Modified: 11 Feb 2022 02:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12834

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item