Pengaruh Penurunan Suhu Exhaust Manipol Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah

Tunggal, Teguh Asmara (2021) Pengaruh Penurunan Suhu Exhaust Manipol Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (575kB)
[img] Text
c. BAB 1.pdf

Download (531kB)
[img] Text
d. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text
j. ARTIKEL.pdf

Download (679kB)

Abstract

Tingginya pertumbuhan kendaraan bermotor tidak hanya didukung oleh banyaknya jumlah penduduk yang ada, tetapi juga didukung oleh sifat konsumtif masyarakat yang gemar berganti kendaraan. Di Indonesia, sekitar 70% pencemaran udara disebabkan oleh emisi kendaraan bermotor. Dengan dampak yang cukup berbahaya bagi lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengurangi kuantitas emisi polutan gas buang kendaraan bermotor. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Penurunan Temperatur Exhaust Manifold Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah”. Dengan harapan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengurangi emisi gas buang polutan kendaraan bermotor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Dari hasil pendataan gas CO tertinggi digunakan untuk bahan bakar Pertamax yang menggunakan pendingin air mineral yaitu sebesar 3,59% dan gas CO terendah pada penggunaan bahan bakar Pertamax Plus tanpa menggunakan pendingin yaitu sebesar 1,82%. Pada pengujian kedua, konsentrasi gas HC tertinggi diperoleh pada penggunaan bahan bakar Pertamax dengan menggunakan pendingin yaitu 293 ppm dan gas HC terendah pada penggunaan bahan bakar Pertamax plus tanpa menggunakan pendingin yaitu 131 ppm. Kata kunci: Temperatur, Knalpot, Emisi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Temperatur, Knalpot, Emisi
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Mesin
Depositing User: Teguh Asmara Tunggal
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMufarida, Nely Ananidn0022047701
UNSPECIFIEDBahri, Mokh Hairulnidn0717087203
UNSPECIFIEDNusantara, Ardhi Fathonisyam Putranidn0728038002
UNSPECIFIEDkosjoko, kosjokonidn0715126901
Contact Email Address: wongfeingong469@gmail.com
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:33
Last Modified: 14 Feb 2022 03:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12879

Actions (login required)

View Item View Item