(LAPORAN PENELITIAN + DOKUMEN) Pengetahuan Konsep Bio-Resources dan Lingkungan pada Masyarakat: Content Analysis pada Textbook Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas di Jawa Timur

Huda, Tanzil and Afrida, Indah Rakhmawati (2020) (LAPORAN PENELITIAN + DOKUMEN) Pengetahuan Konsep Bio-Resources dan Lingkungan pada Masyarakat: Content Analysis pada Textbook Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas di Jawa Timur. Project Report. Perpustakaan UM Jember, Jember, Indonesia. (Unpublished)

[img] Text
9. Kontrak Penelitian 2019_2020.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. Surtug Penelt 2019_2020.pdf

Download (180kB)
[img] Text
11. Laporan Akhir Penelt 2019_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemuatan materi pengetahuan konsep tentang Bio-Resources dan Lingkungan pada Textbook Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas di Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini bermanfaat sebagai rekomendasi bagi praktisi pendidikan untuk memilih dan bahkan menulis textbook yang mengajarkan tentang Bio-Resources dan Lingkungan. Pengetahuan ini nantinya akan bermanfaat bagi peserta didik sebagai generasi yang nantinya bertanggung jawab terhadap kemajuan masyarakat. Penelitian yang berupa eksplorasi ini dirancang menggunakan metode yang tepat yaitu metode deskriptif kualitatif sesuai dengan tujuan penelitian, sehingga hasilnya dapat digunakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penetapan populasi dan sampel yang representatif menjadi salah satu aspek yang menjadi pertimbangan dalam penelitian ini. Aspek-aspek dalam penelitian ini seperti instrumen dan analisis data dirancang dan dilakukan dengan cermat sehingga menghasilkan temuan-temuan yang akurat dan sahih. Penelitian ini berpotensi memiliki kelemahan dalam kesahihan data, maka triangulasi ahli diterapkan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan efektif yang terbagi dalam 4 tahap. Pertama adalah tahap persiapan yang terdiri dari review literatur dan hasil penelitian terdahulu serta perumusan masalah. Kedua adalah tahap perancangan metode termasuk pengembangan instrumen. Ketiga adalah tahap pelaksanaan yaitu pengumpulan data, analisis, serta interpretasi hasil penelitian. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada textbook bahasa Inggris kelas X ditemukan pemuatan materi pengetahuan konsep tentang bioresources dan lingkungan. Pada textbook bahasa Inggris kelas XI tidak ditemukan pemuatan materi pengetahuan konsep tentang bio-resources, yang ada hanya materi tentang konsep lingkungan saja. Pada textbook bahasa Inggris kelas XII ditemukan pemuatan materi pengetahuan konsep tentang biodiversitas dan lingkungan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Konsep, Bio-Resources dan Lingkungan, Textbook
Subjects: 400 Language
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of English Literature Education (S1)
Depositing User: INDAH RAKHMAWATI AFRIDA
Date Deposited: 14 Feb 2022 06:13
Last Modified: 14 Feb 2022 06:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12910

Actions (login required)

View Item View Item