(Laporan Penelitian) Pengembangan Buku Suplemen Digital Bahasa Inggris SMA Berbasis Materi Ekologi, Bioresources, dan Biodiversitas

Huda, Tanzil and Afrida, Indah Rakhmawati (2021) (Laporan Penelitian) Pengembangan Buku Suplemen Digital Bahasa Inggris SMA Berbasis Materi Ekologi, Bioresources, dan Biodiversitas. Project Report. Universitas Muhammadiyah Jember, Jember, Indonesia. (Unpublished)

[img] Text
12. Kontrak Penelitian 2020_2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
13. Surtug Penelt 2020_2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
14. Laporan Akhir Penelt 2020_2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian tahun 2020, buku-buku teks bahasa Inggris SMA tidak memuat konsep tau isu bioresouces, biodiversitas, dan lingkungan secara representatif. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan buku suplemen digital bahasa Inggris SMA berbasis materi ekologi, bio-resources dan bio- diversitas. Pengembangan buku ini diharapkan dapat memberi pemahaman yang baik tentang konsep atau isu tersebut di atas. Dengan demikian, penelitian yang akan dilakukan ini merupakan hilirisasi dari penelitian tentang topik terkait pada tahun 2020. Penelitian ini dirancang menggunakan metode yang diadaptasi dari model desain pengembangan Borg and Gall. Prosedur dalam penelitian meliputi: (1) tahap prapengembangan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap uji coba produk, dan (4) tahap revisi. Pelaksanaan pengembangan dilakukan berdasarkan temuan analisis kebutuhan yang dilakukan pada tahap prapengembangan. Selanjutnya produk hasil pengembangan diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk, yaitu melalui (1) ahli evaluasi pembelajaran, (2) dosen ahli pendidikan Bahasa Inggris dan Biologi, dan (3) guru bahasa Inggris SMA. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu 6 (enam) efektif yang terbagi dalam 3 tahap. Pertama adalah tahap persiapan yang terdiri dari review literatur dan hasil penelitian terdahulu serta perumusan tujuan penelitian. Kedua adalah perancangan metode. Ketiga adalah tahap pelaksanaan yaitu pengembangan model. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan berupa buku suplemen sudah layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran yang dapat membangun pemahaman masyarakat (siswa sekolah) tentang konsep bioresources, biodiversitas, dan lingkungan (ekologi) sejak dini. Buku suplemen pembelajaran perlu dikembangkan dikarenakan dapat memberikan suatu bentuk inovasi baru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Buku Suplemen Digital, Ekologi, Bioresources, Biodiversitas.
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English, Anglo-Saxon
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of English Literature Education (S1)
Depositing User: INDAH RAKHMAWATI AFRIDA
Date Deposited: 14 Feb 2022 07:02
Last Modified: 14 Feb 2022 07:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12917

Actions (login required)

View Item View Item