(Peer review + Similarity + Document) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Religiusitas Siswa MTsN Arjasa Jember

MULYADI, MULYADI and ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2017) (Peer review + Similarity + Document) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Religiusitas Siswa MTsN Arjasa Jember. Fakultas Psikologi Unmuh Jember, Jember.

[img] Text
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA MTsN ARJASA JEMBER.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Perer Review Publikasi Istiqomah (Layanan Konseling).pdf

Download (2MB)
[img] Text
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA MTsN ARJASA JEMBER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTsN Arjasa Jember. Masalah yang dikaji adalah upaya sekolah dalam meningkatkan religiusitas siswa MTsN Arjasa melalui layanan konseling kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok sebagai upaya sekolah untuk meningkatkan religiusitas siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi, yaitu skala konseling kelompok dan skala religiusitas siswa dengan jenis skala Summerated Rating, atau lebih dikenal dengan skala Likert. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa kelas VII dan VIII. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap religiusitas siswa. Berdasarkan analisa data penelitian ditemukan adanya pengaruh layanan konseling kelompok terhadap religiusitas siswa dengan kontribusi sebesar 8,8%. Serta terdapat faktor lain yang berpengaruh cukup besar terhadap religiusitas remaja diantaranya, yaitu: faktor keluarga merupakan faktor paling dominan mempengaruhi religiusitas remaja. Selain itu, faktor pengalaman dan faktor kebutuhan terhadap agama juga dapat berpengaruh dalam mengembangkan religiusitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data diketahui tingkat religiusitas yang dimiliki siswa MTsN Arjasa tergolong tinggi yaitu sebesar 78,7% sedangkan siswa yang memiliki tingkat religiusitas sedang sebesar 21,3%. Temuan lain dalam penelitian ini adalah bahwa remaja dapat lebih mengembangkan religiusitas mereka, diantaranya dengan memperdalam ilmu agama, bersungguh-sungguh dalam kegiatan keagamaan, seperti pengajian dan sholat berjamaah. Kata Kunci: Konseling kelompok, religiusitas siswa.

Item Type: Peer Review
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Istiqomah Istiqomah
Date Deposited: 16 Feb 2022 08:08
Last Modified: 16 Feb 2022 08:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12955

Actions (login required)

View Item View Item