(Peer review + Similarity + Document) Pendekatan JAS dipadu GI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Riani, Harjani Rini and Priantari, Ika and HAPSARI, ARI INDRIANA (2018) (Peer review + Similarity + Document) Pendekatan JAS dipadu GI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. UM Jember, UM Jember.

[img] Text
Bioma vol 3 no 1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
Cek Plagiasi PENDEKATAN JAS DIPADU GI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan sampel penelitian berjumlah 34 orang. Intrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata klasikal motivasi antara, siklus I dan siklus II. Pada siklus II rata-rata klasikal motivasi belajar siswa meningkat sebesar 15,2% dari 75,6% menjadi 90,8% dan telah mencapai kategori tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Jelajah Alam Sekitar (JAS), Group Investigation (GI), Motivasi belajar

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Ika Priantari
Contact Email Address: ikapriantari@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2022 05:48
Last Modified: 20 May 2022 06:39
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12962

Actions (login required)

View Item View Item